SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MOBIL DENGAN FUZZY TSUKAMOTO(STUDI KASUS : PT CLIPAN FINANCE)

Daniel Prasetyo Tarigan, Agus Wantoro, Setiawansyah Setiawansyah

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada perlunya suatu sistem yang dapat menghitung kemampuan pelamar kredit dalam membayar. Melalui sistem ini, para analis kredit diharapkan dapat memberikan hasil analisis yang lebih cepat dan akurat yang disarankan oleh pemohon kredit, sehingga tidak terjadi kredit macet yang dapat merugikan PT Clipan Finance. Sistem tidak ada hubungannya dengan harga mobil atau waktu pemasangan. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy Tsukamato Variabel yang ditetapkan dalam sistem pendukung keputusan adalah pendapatan, pengeluaran, jarak, dan umur, sedangkan angsuran merupakan nilai output dari sistem pendukung keputusan. Output dari sistem pendukung keputusan ini adalah cicilan maksimal yang dapat dibayarkan debitur. Hasil ini dapat membantu analis kredit memberikan saran yang tepat. Selain itu, penerimaan pengajuan kredit bergantung pada keputusan akhir dari pengurus cabang

Full Text:

PDF

References


Farouq, Kemal, S. M. (2014) ‘Jurnal TeknikA Vol 6 No 2 September 2014’, Penerapan Fuzzy Tsukamoto Dalam Pengangkatan Jabatan Pegawai Di Bkd Lamongan, 6(2), pp. 577–584.

Logo, Jhonnry Frengky Bire, Agus Wantoro, and Erliyan Redy Susanto. "Model Berbasis Fuzzy Dengan Fis Tsukamoto Untuk Penentuan Besaran Gaji Karyawan Pada Perusahaan Swasta." Jurnal Teknoinfo 14, no. 2 (2020): 124-130.

Imama, C. and Indriyanti, A. D. (2013) ‘Nearest Neighbor Untuk Analisis Pemberian Kredit Di’, Penerapan Case Based Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Untuk Analisis Pemberian Kredit Di Lembaga Pembiayaan Chusnul, 2(1), pp. 11–21.

Komariyah, S., Yunus, R. M. and Rodiyansyah, S. F. (2016) ‘Logika Fuzzy dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa’, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Majalengka, pp. 61–69.

Setiawansyah, H. Sulistiani, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ),” J. CoreIT, vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020.

Sholihin, M., Fuad, N. and Khamiliyah, N. (2013) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto’, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto, 5(2), pp. 501–506.

Kaswidjanti, W., Aribowo, A. and Wicaksono, C. (2014) ‘Implementasi Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Pada Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah’, Teknik Informatika, 10(2).

Wantoro Agus, Priandika A.T., (2017), “Komparasi Perhitungan Pemilihan Mahasiswa Terbaik Menggunakan Metode Statistikklasik Dengan Logika Fuzzy (t Sukamoto Dan Mamdani) Studi Kasus : Stmik Teknokrat”, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mercubuana

Mulyati, E. (2016) ‘Kredit Perbankan’. Yogyakarta . Penerbit : REFIKA.

Purnomo, H., Kusumadewi, S. (2010) ‘APLIKASI LOGIKA FUZZY’. Yogyakarta. Penerbit : GRAHA ILMU.

Irawan, P., Mazalisa, Z. and Panjaitan, F. (2015) ‘Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik’, Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI), pp. 135–138.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v1i1.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter