SISTEM PAKAR PENDETEKSI BUTA WARNA BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Fransiskus Wahyu Sandy Prabowo, Adhie Thyo Priandika, A. Ferico Octaviansyah, Wawan Koeswara

Abstract


Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling penting yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Salah satu dari banyak gangguan atau penyakit mata adalah buta warna, yang berarti tidak dapat melihat warna. Jika ada masalah dengan pigmen di reseptor warna, mata akan sulit melihat warna tertentu. Orang yang menderita buta warna mungkin kesulitan melihat merah, hijau, merah, biru, atau campuran dari warna-warna ini. Namun, buta warna total sangat jarang terjadi, di mana tidak ada warna yang terlihat. Tes yang diciptakan oleh Dr. Shinobu Ishihara, yang pertama kali digunakan di Jepang pada tahun 1971, memungkinkan identifikasi kelainan buta warna. Tes Ishihara adalah alat yang umum digunakan untuk menentukan apakah seseorang menderita buta warna atau tidak. Sistem pakar menangani masalah dunia nyata dan kompleks yang biasanya membutuhkan interpretasi dan pakar. Sistem pakar yang dibuat dengan metode Forward chaining menggunakan penalaran dengan memulai dari fakta terlebih dahulu untuk menguji kebenaran hipotesis atau mencocokkan fakta atau pernyataan dimulai dari bagian sebelah kiri pertama (IF pertama). Sebagai hasil dari pengujian Black Box yang menghasilkan nilai perhitungan seratus persen, dapat disimpulkan bahwa fitur sistem telah berjalan dengan benar dan sistem berjalan dengan baik. Oleh karena itu, aplikasi ini dianggap layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ganong, W. F. 2003. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran (20 ed.). Jakarta: EGC.

Giarratano, J. & Riley,G.. (2005). Expert System Principles and Programming, PWS Publishing Company, Boston.

Refli Noviardi. (2020). Sistem Pakar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining Dalam Menganalisa Kerusakan Mesin Fotokopi Dan Penannggulangannya (Study Kasus Di Q-El Copier Service Center and Distributor). JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 53(9), 163–172.

Novi, YSM & Ferri, AE. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginekologi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Mobile. Jurnal Media Infotama, 13(2), 67-72.

Hilda S , Tjahjaning T, Elkana LS. (2017). Sistem Penentuan Penyakit Pada Ayam Menggunakan Metode Forward Chaining. CAHAYAtech Vol. 6, No. 02, 41-49.

Turban. (2001). Decision Support System and intelligent system (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta, Andi.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v5i1.4584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fransiskus Wahyu Sandy Prabowo, Adhie Thyo Priandika, A. Ferico Octaviansyah, Wawan Koeswara



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter