ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nur Aini Rakhmawati, Alvin Edgar Permana, Arvy Muhammad Reyhan, Hidayattul Rafli

Abstract


Saat ini, setiap indvidu harus bersiap menghadapi pergeseran kebudayaan dimana setiap pemenuhan kebutuhan harus beriringan dengan perkembangan teknologi. Hal ini menjadi peluang bagi sebagian besar perusahaan E-commerce untuk menyajikan pasar dalam bentuk membeli dan menjual produk secara online. E-commerce mencakupi segala proses pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran para pelanggan, dengan dukungan dari jaringan mitra bisnis yang lebih luas. Saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran virus ini dengan malakukan pembatasan sosial untuk mengurangi interaksi masyarakat secara langsung, karena itu dalam penelitian yang bersifat kuantitatif ini dilakukan analisis mengenai perubahan pola perilaku oleh masyarakat Indonesia dalam transaksi jual beli di e-commerce sebagai cara pemenuhan kebutuhan.


Full Text:

PDF

References


K. C. Laudon and J. P. Laudon, “Essentials of Management Information Systems Ford AutoXchange B2B Marketplace,” Pearson Educ., pp. 1–5, 2007.

“McKinsey Expects Great Growth for Indonesia’s E-Commerce Market,” 2018. https://www.indonesia-investments.com/news/todays-headlines/mckinsey-expects-great-growth-for-indonesia-s-e-commerce-market/item8959?

E. Ries, “The Lean Startup. New York, NY: Crown Business Division.” Random House, 2011.

P. Graham, “Startup=Growth,” Coding + Des. Bootcamp CS183B, pp. 1–10, 2016.

D. Handayani, D. R. Hadi, F. Isbaniah, E. Burhan, and H. Agustin, “Corona Virus Disease 2019,” J. Respirologi Indones., vol. 40, no. 2, pp. 119–129, 2020.

IPrice, “Peta E‑Commerce Indonesia,” 2020. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (accessed Nov. 03, 2020).

Covid19.go.id, “Analisis Data COVID-19 Indonesia,” 2020. https://covid19.go.id/p/berita/analisis-data-covid-19-indonesia-update-25-oktober-2020 (accessed Nov. 03, 2020).

Sirclo.com, “Menilik Tren Perkembangan E-Commerce Indonesia di 2020,” Solusi E-commerce, 2020. https://www.sirclo.com/menilik-tren-perkembangan-e-commerce-indonesia-di-2020 (accessed Oct. 24, 2020).

A. G. Khan, “Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy,” Type Double Blind Peer Rev. Int. Res. J. Publ. Glob. Journals Inc, vol. 16, no. 1, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Aini Rakhmawati, Alvin Edgar Permana, Arvy Muhammad Reyhan, Hidayattul Rafli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter