SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA PROGRAM BEASISWA PELANGI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Nova Yolanda Nurrisma Hidayati, Tati Mardiana, Laela Kurniawati

Abstract


Pendidikan merupakan peranan terpenting khususnya di Indonesia. beasiswa dapat dikatakan sebagai bantuan berupa keuangan yang diberikan oleh pemerintah, perusahaan, organisasi dan kemitraan kepada seseorang yang kurang mampu dan maupun berprestasi untuk membantu biaya pendidikan. Untuk menentukan Penerima beasiswa pada program beasiswa pelangi penghimpunan INTI untuk bisa memberikan beasiswa tepat sararan kepada anak yang sedang menjalankan pendidikannya. Karena proses penyeleksi menggunakan wawancara terhadap pemohon dan proses wawancara hanya menggunakan 5 siswa dalam perbandingan penilaian siswa saat wawancara maka penelitian ini menggunakan 5 siswa pemohon sebagai altenatif dan memiliki 4 kriteria diantaranya: Penghasilan orang tua perbulan, Sikap atau Kepribadian siswa, Nilai rata-rata raport dan Kepedulian sosial yang tertanam pada diri siswa.  Dalam proses penerimaan beasiswa menggunakan sistem pendukung keputusan dengan penerapan metode satunya (AHP) menggunakan perhitungan manual dengan Microsoft Excel menghasilkan bobot prioritas dan mendapatkan perengkingan dari setiap atribut dan membandingkannya dengan program sistem yang dibuat oleh penulis menampilkan bobot prioritas, perengkingan dan dapat mencetak hasil laporan.

References


Helaluddin, “Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya: Penerapan Teori Esensialisme Di Indonesia,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 74–82, 2018.

M. Silviliyana, I. Maylasari, R. Agustina, F. R. Dewi, and N. P. Sulistyowati, Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik, Jakarta-Indonesia, 2019.

Y. Rachmawati, I. Maylasari, R. Sulistyowati, M. Silviliyana, L. Annisa, and F. W. R. Dewi, Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2018. Jakarta, 2018.

R. Ramadhon, R. Jaenudin, and S. Fatimah, “Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya,” J. PROFIT, vol. 4, no. 2, pp. 203–213, 2017.

N. P. N. Hendayanti and I. K. P. Suniantara, “Seleksi Penerimaan Beasiswa Stikom Bali Dengan Menggunakan Metode Vikor,” Statistika, vol. 5, no. 1, pp. 46–51, 2017.

U. Rahmalisa and Muhardi, “Penerapan Metode TOPSIS untuk Seleksi Penerima Beasiswa ( Studi Kasus : SMAN 2 Tebing Tinggi Timur ),” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 31–35, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v15i2.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter