SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN POIN PELANGGARAN SISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus Di SMK As-Shofa Kabupaten Tasikmalaya)

Candra Surya, Asep Wahyu

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin tinggi wawasan dan pengetahuannya. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tempat dimana anak menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dengan adanya pendidikan di sekolah diharapkan siswa tidak hanya menguasai materi pelajaran tetapi sekolah juga dituntut untuk dapat membentuk dan membina kepribadian siswa agar sesuai dengan nilai-nilai dan norma- norma yang berlaku dalam masyarakat. Oleh karena itu sebuah sistem pencatatan poin pelanggaran siswa pada sekolah sangat diperlukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat ketidak disiplinan para siswa dalam lingkungan sekolah. Sistem tersebut juga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien. Sistem informasi ini dirancang menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini digunakan untuk mencari alternatif dari sejumlah alternatif yang ada dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pengambil keputusan kemudian merangking dari alternatif yang ada. Dalam pengujian diambil sampel 5 orang siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, hasil yang diperoleh diurut berdasarkan  poin tertinggi. siswa 2 = 11,201, siswa 3 = 10,665, siswa 5 = 10,6, siswa4=8,366 dan siswa 1=7,866


References


Y. Sopyan, S. Supriyadi, and E. Kurniadi, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. (Study Kasus : Smk Negeri 3 Kuningan),” vol. 11, no. 1, pp. 53–61, 2016.

R. H. Khouf, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah Di Kecamatan Sambirejo Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” 2017.

C. Surya, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Beasiswa Menggunakan Fuzzy Multi Attribut Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW),” J. Rekayasa Elektr., vol. 11, no. 4, pp. 149–156, 2015.

A. Setiadi et al., “Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” vol. 7, no. September, pp. 104–109, 2018.

A. A. Azhari, A. Najib, and T. Informasi, “Perbandingan Metode Saw dan Topsis Pada Penerimaan Siswa Praktek Kerja Lapangan,” vol. 3, no. 1, pp. 71–77, 2018.

E. Ismanto, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ),” vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2017.

D. Kartiko, “Sistem pendukung keputusan pemberian beasiswa di pt.indomarco prismatama cabang bandung,” no. 114.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter