Analisis Perbandingan Social Commerce Dari Sudut Pengguna Website

Dyah Ayu Megawati

Abstract


E-commerce berevolusi dengan web yang mempunyai kapabilitas meningkatkan partisipasi pelanggan dan meningkatkan nilai ekonomi. Fenomena tersebut dikenal dengan istilah social commerce (s-commerce). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menerapkan model kepuasan pelanggan pada tiga s-commerce yaitu tokopedia.com, bukalapak.com dan lazada.co.id. Penelitian ini menggunakan metode statistik Struktural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak SmartPLS untuk membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Variabel yang diambil meliputi kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuisioner dengan responden sebanyak 400 pengguna internet di Provinsi Lampung. Dari model yang diterapkan didapat hasil bahwa tokopedia menempati urutan pertama social commerce di Provinsi Lampung.

Kata kunci: s-commerce, kualitas website, SEM, SmartPLS, system, service, informasi


Full Text:

PDF

References


Supriadi, E,”Studi Empirik Social Commerce (S-Commerce) Dari Sudut Pandang Kualitas Website”,Jurnal SIMETRIS: Vol. 6 No. 1,Universitas Muria,Kudus,2015.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Puskakom UI,”Profil Pengguna Internet Indonesia”,Jakarta,APJII,2014.

Celuch, K., Goodwin, S. And Taylor, S.,”understanding small scale industrial user internet purchase and information management intentions: a test of two attitude models”, Industrial marketing management vol 36 no. 1,2007,pp. 109-20.

Barnes, Stuart J., and Richard T. Vidgen,”An integrative approach to the assessment of e-commerce quality”,J. Electron,Commerce Res. 3.3,20021,14-127.

Delone, & McLean,”The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update”,Journal of Management Information Systems/Spring 2003,Vol. 19, No. 4,2003,9–30.

Haubl, G., & Trifts, V.,”Consumer Decision Making in Online Shopping Environments: The Effects of Interactive Decision Aids”,Marketing Science 19, 1,2000,4-21.

Yamin, S., & Kurniawan, H.,”Generasi Baru mengolah data Penelitian dengan PLS Path Modeling”,Jakarta,Salemba Infotek,2011.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v11i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dyah Ayu Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter