APLIKASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS UNTUK PROMOSI UNDANGAN BERBASIS MOBILE

Andi Nurkholis, Dyah Ayu Megawaty, Aqilla Hattami Irsan

Abstract


Pelayanan dan pengelolaan informasi pada percetakan CV. Jastra card sejauh ini masih menggunakan cara konvensional untuk mempromosikan percetakan undangan pelanggan datang ke percetakan untuk melihat undangan yang tersedia. Promosi konvensional tersebut menghadapi beberapa tantangan, seperti halnya biaya yang tinggi, terbatasnya jangkauan, serta perkembangan tren digital. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan penetrasi internet, banyak orang beralih ke media digital untuk mencari informasi dan produk. Promosi konvensional kurang efektif dalam menjangkau target pasar yang lebih muda atau lebih terhubung secara digital. Untuk mengatasi permasalahan ini, bisnis undangan dapat mempertimbangkan strategi promosi yang lebih terarah dan efektif. Beberapa contoh strategi yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan pemasaran digital, beriklan secara online melalui suatu platform yang interaktif, seperti halnya teknologi augmented reality. Penelitian ini bertujuan membangun Aplikasi Augmanted reality berbasis mobile menggunakan metode markerless sebagai media promosi, mempermudah pelanggan, menghemat waktu dan biaya. Sistem dibangun menggunakan metode pengembangan waterfall dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak tambahan, yakni Unity 3D, Sketchup dan Blender. Kelayakan sistem berhasil memperoleh penilaian dengan predikat Sangat Baik yang merupakan representasi dari Skala Likert dari pengujian ISO 25010 yang mencakup aspek functional suitability mencapai 100% dan aspek usability mencapai 91.2%.

Full Text:

PDF

References


K. S. Wibowo, “Augmented Reality Dalam Visualisasi Katalog Penjualan Toko Aneka Furniture Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fast Corner Detection,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1336–1351, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1006.

M. Syafii, “Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Untuk Percetakan Sablon Kaos Secara Digital,” 2021.

S. I. W. Putra and M. Iqbal, “Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Menggunakan Metode Algoritma Fast Corner Detection Berbasis Android ( Studi Kasus Multimedia Buku Interaktif Kebudayaan Lokal Kalimantan Barat ),” Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi ISSN : 2338-493X, vol. 2018-Janua, no. August, pp. 1–4, 2019.

R. Hamonangan, S. Anwar, A. Bahtia, and A. R. Dikananda, “Inovasi Media Promosi Produk Kursi Rotan Melalui Katalog Elektronik dengan Augmented Reality,” Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), vol. 4, no. 2, pp. 51–59, 2022.

Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,” Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), vol. 1, no. 2, pp. 90–115, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.

G. G. Maulana, “Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D Dan Vuforia,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 6, no. 2, p. 13, 2017, doi: 10.22441/jtm.v6i2.1184.

A. D. Rachmanto and M. S. Noval, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D,” Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D, vol. IX, no. 1, pp. 29–37, 2018.

Z. Purnomo, J. Karim, B. Senung, and S. Abdussamad, “Sistem Informasi Jasa Pemesanan Percetakan Berbasis Android,” Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 2, no. 2, pp. 44–51, 2020, doi: 10.37905/jjeee.v2i2.6006.

M. Asrul et al., “Pengembangan Aplikasi Percetakan Daring Berbasis Android Di Ar Network,” Science and Engineering National Seminar, vol. 5, no. Sens 5, pp. 562–567, 2020.

S. Herawati, Y. D. P. Negara, H. F. Febriansyah, and D. A. Fatah, “Application of the waterfall method on a web-based job training management information system at Trunojoyo University Madura,” in E3S Web of Conferences, EDP Sciences, 2021, p. 04026.

T. K. Rahayu, “Application report process of Islamic school based on Pesantren boarding using waterfall model,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 2020, p. 022025.

D. Laraswati and A. Supriyatna, “The Use Of Waterfall Model In Application Design Web-Based Maryam Department Store,” Jurnal Teknologi dan Open Source, vol. 4, no. 1, pp. 37–47, 2021.

A. Nurkholis and D. Damayanti, “Aplikasi Mobile Transaksi Jasa Penyeberangan Berbasis Framework React Native,” Jurnal Teknoinfo, vol. 17, no. 2, pp. 502–511, 2023.

A. Nurkholis and E. Saputra, “E-Health Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Layanan Klinik,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 2, pp. 127–133, 2021.

A. Nurkholis and P. S. Oktora, “Sistem Persediaan Obat Menggunakan Metode Moving Average Dan Fixed Time Period With Safety Stock,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), vol. 6, no. 2, pp. 1134–1145, 2022.

A. Nurkholis, E. R. Susanto, and S. Wijaya, “Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), vol. 5, no. 1, pp. 124–134, 2021, doi: 10.30645/j-sakti.v5i1.304.

A. Nurkholis, Y. Anggela, and A. F. O. Pasaribu, “Web-Based Geographic Information System For Lampung Gift Store,” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 1, pp. 34–39, 2022.

S. Setiaji and R. Sastra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian,” Jurnal Teknik Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 106–111, 2021.

ISO, “ISO / IEC 25010 : 2011 Systems and software engineering - Systems and software Quality Requirements and Evaluation ( SQuaRE ) - System and software quality models,” in ISO / IEC 25010 : 2011 Systems and software engineering, International Organization for Standardization, 2013.

A. Nurkholis, R. Bimantara, and N. Neneng, “Interactive English E-Learning Based on Cloud Speech-to-Text API,” Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2022.

Z. Awang, A. Afthanorhan, and M. Mamat, “The Likert scale analysis using parametric based Structural Equation Modeling (SEM),” Computational Methods in Social Sciences, vol. 4, no. 1, p. 13, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v19i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andi Nurkholis, Dyah Ayu Megawaty, Aqilla Hattami Irsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter