Penerapan Data Mining untuk Clustering Kualitas Batu Bara dalam Proses Pembakaran di PLTU Sebalang Menggunakan Metode K-Means

muhammad bakri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana membuat cluster kualitas batubara dari data rekapitulasi kualitas dan kuantitas batubara pada PT PLN(Persero) Sektor Pembangkitan Sebalang. Kondisi yang ada saat ini adalah belum adanya analisis data kualitas batubara terhadap kinerja perusahaan yang digunakan untuk membantu pegawai dalam mengevaluasi kinerja PLTU dan pasokan batubara, memberikan informasi pengaruh kualitas batubara terhadap produksi listrik yang dihasilkan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan pada permasalahan ini dengan data mining untuk clustering kualitas batubara menggunakan algoritma K-Means.

Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data yang di perlukan melalui data yang telah tersedia maka akan memberikan kemudahan kepada peneliti untuk melakukan penelitian. Tools yang digunakan dalam penerapan data mining adalah Weka.

Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan akan menghasilkan  output cluster kualitas batubara yang buruk, normal, dan baik di PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Sebalang..

Kata kunci: PLN,Data Mining, Cluster, Algoritma K-Means, Kualitas batubara.


Full Text:

PDF

References


Saleh, A. Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. 2, 207–217 (2015).

Han, J. & Kamber, M. Data Mining: Concepts and Techniques. Ann. Phys. (N. Y). 54, 770 (2006).

Cole, R. Running Head : PROACTIVE RESEARCH APPROACHES Being Proactive : Where Action Research meets Design Research. 1–21 (2005).




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v11i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muhammad bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter