IDENTIFIKASI BIOMETRIKA MENGGUNAKAN EKSTRAKSI MINUTIAE PADA CITRA SIDIK JARI

Gustian Rama Putra, Boldson Herdianto Situmorang, Syarif Hidayatullah

Abstract


Biometrik berbasis citra sidik jari merupakan teknik pengenalan diri dengan menggunakan sidik jari untuk mewakili identitas seseorang. Sidik jari merupakan ciri identitas seseorang secara tepat dan aman karena tidak ada kesamaan dan tidak dapat dipalsukan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem identifikasi biometrik berbasis citra sidik jari dengan memanfaatkan kamera ponsel untuk akuisisi citra sidik jari. Hal ini didasari oleh kemudahannya karena hampir setiap orang memiliki telepon genggam sehingga sistem identifikasi seseorang berdasarkan sidik jari dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan gambar yang dihasilkan dari kamera ponsel dengan spesifikasi kamera 2, 5 dan 8 mega piksel. Metode yang digunakan dalam pengolahan citra terdiri dari metode minutiae crossing number untuk proses ekstraksi ciri dan metode minutiae based matching untuk proses pengukuran kemiripan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kamera ponsel dengan spesifikasi 5 dan 8 mega piksel dapat digunakan untuk proses akuisisi citra pada sistem biometrik berbasis sidik jari. Proses ekstraksi ciri hasil citra menggunakan metode minutiae crossing number dan proses pengukuran kecocokan menggunakan metode minutiae based matching menghasilkan nilai akurasi sebesar 92,8% pada kamera 5 mega piksel dan 95,3% pada kamera 8 mega piksel. Nilai akurasi tergantung dari hasil tahap akuisisi citra, pre-processing, nilai threshold pada proses identifikasi dan jumlah citra yang digunakan pada data training di database.


Full Text:

PDF

References


D. Maltoni, D. Maio, A.K. Jain, & S. Prabhakar 2003. Minutiae-based Methods. In Handbook of Fingerprint Recognition. New York: Springer Verlag.

Joshua Abraham, Paul Kwan & Junbin Gao. 2011. Fingerprint Matching using A Hybrid Shape and Orientation Descriptor. State of the art in Biometrics, Dr. Jucheng Yang (Ed.), ISBN: 978-953-307-489-4, InTech. Tersedia di: http://www.intechopen.com/books/state-of-the-art-in-biometrics/fingerprint-matchingusing-a-hybrid-shape-and-orientation-descriptor

Li, T. 2017. Fingerprint Identification By Improved Method of Minutiae Matching. 20-30.

Okta Hadi Saputra, I. 2011. Teknik Ekstraksi Minutiae Untuk Sistem Verifikasi Keaslian Sidik Jari. Jurusan Teknik Elektro FTI – ITS.

Pradana, I.H. 2015. Klasifikasi Citra Sidik Jari Berdasarkan Enam Pattern Menggunakan Metode Euclidean Distance. Didapat dari mahasiswa.dinus.ac.id: http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/15328.pdf

Prakasa Teguh A. dkk. 2017. Analasis dan Implementasi Metode Minutiae Extraction dan Template Matching Untuk Klasifikasi Sidik Jari. E-Proceeding of Engineering: Vol. 4, No.2, Halaman 3011. ISSN: 2355-9356.

Putra, Darma, Adi, Resmawan. 2009. Sistem Biometrika: Konsep Dasar Teknik, Analisis Citra, dan Tahapan Membangun Aplikasi Sistem Biometrika. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Putra, Darma dkk. 2011. Verifikasi Biometrika Suara Menggunakan Metode MFCC dan DTW. Lontar Komputer Vol.2, No.1. ISSN: 2088-1541.

Bansal, Roli, Priti Sehgal & Punam Bedi. 2011. Minutiae Extraction from Fingerprint Images – a Review. IJSI Internasional Journal of Computer Science Issues, Vol. 8, Issue 5. ISSN: 1694-0814.

Sajati Haruno, Dwi Nugraheny & Nova Adi Suwarso. 2017. Pencocokan Gambar Sidik Jari Dengan Kamera Handphone Menggunakan Metode Ransac dan Transformasi Affine Berbasis Android. ejournal.stta.ac.id.

Wulandari, Sandri T. dkk. 2017. Aplikasi Biometrika Pengenalan Sidik Jari Dengan Metode Minutiae dan Artificial Neural Network Bacpropagation. Jurnal Rekursif, Vol. 5 No. 1: ISSN 2303-0755.

Setiawan A.F, Agung A.K. (2016). Klasifikasi Pola Sidik Jari Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Untuk Analisa Karakteristik Seseorang. Jurnal Antivirus, Vol. 10 No. 2. ISSN: 1978-5232.

Verawati, R. (2014). Pengenalan Sidik Jari Berdasarkan Struktur Minutiae Dengan Metode Backpropagation. Jurnal Pelita Informatika Vol. 7, No. 1.

Vahid. K. Aliloe. FingerPrint Matching: A Simple Approach. Semnan University. Mathwork: https://www.mathworks.com/matlabcentral/fileexchange/44369-fingerprint-matching--a-simple-approach. November. 18, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gustian Rama Putra, Boldson Herdianto Situmorang, Syarif Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter