PEMILIHAN PLATFORM E-COMMERCE PADA KALANGAN MAHASISWA ITS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Liefran Satrio Sim, Michael Christopher, Hasna Dhiya Nafitra, Juan Septian Veron Panjaitan, Nur Aini Rakhmawati

Abstract


Semakin banyaknya e-commerce yang berkembang di Indonesia, semakin meningkat daya saing pada masing-masing platform. Para penggunanya juga pasti memiliki preferensi tersendiri dalam memilih e-commerce favorit mereka. Critical Success Factors menjadi suatu hal yang harus diketahui dan diperhatikan karena menjadi penentu sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Dengan menggunakan metode weighted product, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kriteria apa saja yang menjadi penentu suatu e-commerce lebih disukai dibandingkan dengan e-commerce lain dikalangan para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Mahasiswa-mahasiswi yang  terlibat dari penelitian ini berjumlah 49 orang, yakni total 27 perempuan dan 22 laki-laki dengan rentang usia 18-22 tahun. Proses pengumpulan data dari responden dilakukan dengan cara survei yang kemudian akan dianalisis dengan metode penunjang keputusan.  Adanya metode penunjang keputusan, seperti weighted product, membantu pengambilan keputusan dapat memberikan hasil yang lebih objektif. Metode ini dipilih dikarenakan perhitungan dan dapat dipahami dengan mudah. Weighted product merupakan metode yang mempertimbangkan berbagai kriteria dan juga bobot dari masing-masing kriteria yang akan dinilai dengan memberikan skala pada alternatif-alternatif yang ada. Adapun kriteria yang digunakan berjumlah 10 yang dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi empat kelompok, yakni efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi.  Hasil  akhir  dari  penelitian  ini  diketahui bahwa Tokopedia (A1) berada di peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa dengan nilai 0.3498. Di peringkat kedua ada Shopee (A2) dengan nilai 0.3369, dan Bukalapak (A3) dengan nilai 0.3133 berada di posisi ketiga. Tokopedia menempati peringkat pertama karena memiliki keunggulan di beberapa kriteria, yaitu kemudahan untuk diakses (C2), memiliki keakuratan mesin pencarian (C3), kesesuaian barang yang diterima (C7), memiliki sistem yang bekerja dengan baik dilihat dari rata-rata rating yang diberikan (C8), memiliki kecepatan pada saat melakukan transaksi (C9), dan memiliki keamanan data privasi dan transaksi yang baik (C10). Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada perusahaan e-commerce terkait tentang produk mereka dari sudut pandang pengguna.


Full Text:

PDF

References


A. G. Khan, “Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy,” Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc, vol. 16, 2016.

V. A. Dihni, “10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022,” 2022. Accessed: Sep. 18, 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

M. M. A. Rohandi, “Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com),” Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), vol. 14, no. 2, pp. 177–197, 2017, [Online]. Available: www.internetworldstats.com

M. Nursyifa, “Startup (Studi Kasus: Bukalapak ),” Depok, 2015.

S. Thomsen and M. Conyon, Corporate Governance: Mechanisms and Systems. McGraw-Hill, 2012.

J. Ram and D. Corkindale, “How ‘Critical’ are the Critical Success Factors (CSFs)?,” Business Process Management Journal, vol. 20, no. 1, pp. 151–174, Jan. 2014, doi: 10.1108/BPMJ-11-2012-0127.

C. D. Puspita, L. D. Oktaviana, R. G. C. Purtiwi, and N. A. Rakhmawati, “Pemilihan Layanan Subscription Video on Demand (SVOD) Menggunakan Weighted Product (WP),” JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 99–106, Dec. 2021, doi: 10.19109/jusifo.v7i2.9813.

Agustio, “PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK PEMILIHAN PEGAWAI BARU DI PT GLOBAL SEKAWAN INDONESIA,” SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) GICI, Batam, 2018.

D. M. Khairina, D. Ivando, and S. Maharani, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android,” JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, vol. 8, no. 1, p. 16, May 2016, doi: 10.20895/infotel.v8i1.47.

D. J. Handriani, “Proses Adaptasi Anggota Ikatan Mahasiswa Fakfak di Kota Bandung,” Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2019.

H. Ramadhani, “FAKTOR PEMILIHAN E-MARKETPLACE DI INDONESIA DARI PERSPEKTIF PENJUAL (Studi Kasus: Tokopedia dan Shopee),” Universitas Islam Indonesia, 2020.

D. Sasmita, M. Ariyanti, and Y. Febrianta, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA PLATFORM E-COMMERCE DI INDONESIA MENGGUNAKAN TOPIC MODELING DAN ANALISIS SENTIMEN (Studi Kasus: Tokopedia, Shopee, Bukalapak),” Universitas Telkom, Bandung, 2021.

F. C. S. Adiyanta, “Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris,” Online Administrative Law & Governance Journal, vol. 2, no. 4, pp. 2621–2781, 2019.

H. R. Hatta, M. Rizaldi, and D. M. Khirina, “Penerapan Metode Weighted Product untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim dengan Visualisasi Google Maps,” TEKNOSI, vol. 02, no. 03, pp. 85–94, 2016.

D. Noviansyah, Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2014.

L. S. Sim, M. Christopher, H. D. Nafitra, J. S. V. Panjaitan, and N. A. Rakhmawati, “Pertanyaan Survey Pemilihan Platform E-Commerce dengan Metode Weighted Product [Data Set],” Sep. 2022. doi: 10.5281/zenodo.7133195.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Liefran Satrio Sim, Michael Christopher, Hasna Dhiya Nafitra, Juan Septian Veron Panjaitan, Nur Aini Rakhmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter