ANALISIS PENGARUH WEBSITE FASHION MACADAMIA HOUSE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

Marlina - Marlina, Yessica Putri Santoso, Kelvin - Kelvin, Johanes Fernandes Andry

Abstract


Teknologi memberikan dampak yang besar dalam bisnis e-commerce secara global, salah satunya dalam dunia e-commerce yaitu bisnis fashion Macadamia House. Macadamia House menggunakan internet dalam teknik penjualannya, penjualan Macadamia House menggunakan website. Tampilan website membuat customer menjadi tertarik dan puas ketika mengakses website Macadamia House. Kepuasan customer dapat diukur dengan metode Webqual, skala likert, dan uji hipotesis yang terbagi menjadi dua yaitu uji deskritif statistik dan uji Importance Performance Analysis, yang dapat dijelaskan melalui kepuasan konsumen terhadap bisnis fashion Macadamia House. Dalam uji deskritif statistik dapat dilihatnya hasil mean tertinggi yang menunjukkan bahwa konsumen puas terdapat pada kategori usability, dan uji Importance Performance Analysis menyatakan bahwa pada kuadran A dan kuadran C memiliki total 10 faktor yang harus ditingkatkan kedepannya.

 

Kata Kunci: E-commerce, Likert, Hipotesis, Webqual, Website


Full Text:

PDF

References


W. S. Fatmala & A. Rachmadi. Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 175–183, 2018.

P. Seminar & N. Aimi. Pengaruh Kualitas Website E-commerce Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Risiko Konsumen (Studi Pada Konsumen E-commerce di Kabupaten Bandung). pp. 27–28, 2017.

R. Ghafiki & R. Setyorini. Pengaruh kualitas wesite Terhadap Kepuasan Pembelian Pada Situs Bualapak.com. vol. 4, no. 1, pp. 678–686, 2017.

D. Astuti & F. N. Salisah. Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual (Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru). J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 44–49, 2016.

Syaifullah & D. O. Soemantri. Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network). J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.

Z. Fajar, S. Putra, M. Sholeh, & N. Widyastuti. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. vol. 1, no. 2, pp. 174–184, 2014.

A. Al Baiti, Suprapto, & A. Rachmadi. Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, pp. 885–892, 2017.

W. Budiaji. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). J. Ilmu Pertan. dan Perikan. Desember, vol. 2, no. 2 Hal, pp. 127–133, 2013.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Rohmatin, Y. (2007). Pengukuran Kualitas Website Maskapai Penerbangan Menggunakan Metode E-Serqual Dan Analysis Importance And Performance Matrik. Skripsi: Teknik Industri, Fakultas Teknik Industri Universitas Gunadarma.

Napitupulu, D. B. (2016). Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekatan Webqual. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 14, 51-64.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Kelly, A., & M., T. (2013, March). Collaborative Training and Pratice Among Applied Behavior Analysts Who Support Individuals With Autism Spectrum Disorder. Education and Training in Autism and Development Disabilities. Institute of Education Science, 48(1), 120-131. Diambil kembali dari www.eric.ed.gov

Herath, H., & JMM, U. (2013). Women Consumer Preferences for Socially Responsible Food Productive Attributes: Evidence From Urban Supermarket Setting In The Anuradhapura District. The Journal of Agricultural Science, 8(2), 57-69.

Maharsi, S., & Fenny. (2006, Mei). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8, 35-51. Diambil kembali dari www.petra.ac.id

Sunyoto, D. (2012). Teori Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Caps Publishing.

Risnita. (2012). Pengembangan Skala Model Likert. Edu-Bio, 3, 86-99.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marlina - Marlina, Yessica Putri Santoso, Kelvin - Kelvin, Johanes Fernandes Andry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter