PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY MUSEUM CAKRANINGRAT BANGKALAN BERBASIS QR-CODE

Prita Dellia, Siti Mutiatun, Ahmad Jami'ul Amil

Abstract


Museum menjadi tempat untuk menyimpan cagar budaya yang ada di suatu daerah. Museum merupakan sumber ilmu pengetahuan dan literasi bagi pengunjungnya. Museum menyediakan katalog koleksi-koleksi yang dimiliki dalam bentuk tercetak yang dapat dilihat oleh pengunjung museum. Pengunjung datang dan singgah begitu saja tidak disuguhi data yang komprehensif terkait benda yang dilihat oleh pengunjung. Disisi lain, perlu adanya ketertarikan terhadap museum kaitannya dengan digitalisasi informasi benda yang ada di dalamnya. Pengembangan ini terfokus pada Augmented Reality berbasis QR-Code yang ada di museum yang akan memuat gambar serta deskripsi benda-benda di Museum Cakraningrat Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis AR untuk memudahkan proses pembelajaran di museum dan pendidikan pengetahuan lokal tentang benda peninggalan yang sarat informasi dan ilmu pengetahuan. Pemahaman isi dari deskripsi benda tersebut memanfaatkan teknologi AR berbasis QR-Code. Desain pengembangan yang digunakan adalah Research and Development Borg and gall dengan lima tahapan penelitian yaitu, identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Media AR yang dikembangkan tersebut bisa digunakan pada handphone android atau sejenis nya dengan memanfaatkan QR-Code, sedangkan pengembangannya pada pemanfaatan pengetahuan teknologi dalam benda yang ada dalam museum di Madura. Hasil validasi ahli media didapatkan nilai yaitu  91,7% dan dinyatakan “sangat baik”.

Full Text:

PDF

References


P. Haryani & J. Triyono, “AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN BENDA CAGAR BUDAYA KEPADA MASYARAKAT,” Jurnal SIMETRIS, vol. 8 no. 2, hal. 807-812. 2017

koranmadura.com,https://www.koranmadura.com/2019/04/museum-cakraningrat-bangkalan-sepi-pengunjung/, 2019, diakses pada 9 Desember, 2021.

Azuma. R. T. A Survey of Augmented Reality. Presence : Teleoperators and Virtual Environments. Vol. 6 No. 4. Pp 355-385. 1997.

Frannita. Pengembangan dan Analisis Media Pembelajaran Perakitan Komputer berbasis Augmented Reality untuk Platform Android di SMK YPKK 1 Sleman (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. 2015.

K. H. B. Pambudi, A. Buchori & A. N. Aini. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (1), hal. 61-69. 2018.

Qumillaila, B. H. Susanti & Zulfiani, “PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY VERSI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA,” Cakrawala Pendidikan, XXXVI, no. 1. 2017.

F. Wahyutama, F. Samopa & H. Suryotrisongko, “Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya,” Jurnal Teknik POMITS, vol. 2, no.3, hal. 481-486. 2013.

A. P. Permana, O. D Nurhayanti & K. T. Martono,” Perancangan dan Implementasi Augmented Reality Pemantauan Titik Reklame Kota Semarang Menggunakan QR-Code Berbasis ANDROID,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4, No. 2, Hal. 295-304. 2016.

Mohammad,” PENGEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI MUSEUM SULAWESI TENGAH SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI EDUKATIF KULTUR,” Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 8, Hal. 25-44. 2013.

A. S. Laswi & A. Andryanto.” IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MUSEUM BATARA GURU KOMPLEKS ISTANA LANGKANAE LUWU,” ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. 10, No. 2, Hal. 144-151. 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014.

H. Hasyim,”Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode PengumpulanData Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial), Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8 No. 1 Universitas Islam Negeri Semarang. 2016.

W. Ramansyah. Model-model Pengembangan Media Pembelajaran. 2018.

I. M. Tegeh. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prita Dellia, Siti Mutiatun, Ahmad Jami'ul Amil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter