Desain Keamanan Jaringan Pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking

Amarudin Amarudin, Faruk Ulum

Abstract


Keamanan jaringan merupakan salah satu hal terpenting dalam implementasi jaringan komputer.Tidak sedikit jaringan komputer yang mengalami masalah yang disebabkan oleh kelalaian pengelola jaringan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Dikarenakan kelalaian tersebut sehingga dapat membuka peluang bagi para hacker untuk meretas dan merusak jaringan yang dibangun tersebut.Untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan jaringan oleh para hecker, maka perlu adanya peningkatan keamanan jaringan yang akan dibangun. Dalam penelitian ini telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan keamanan jaringan komputer dengan cara penggunakan metode Port Knocking. Adapun untuk mempermudah dalam mendesain dan menguji jaringan yang akan dibangun perlu adanya simulator yang digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan simulator GNS3 untuk mendesain dan mensimulasikan topologi keamanan jaringan. Berdasarkan peneltian yang telah dilakukan bahwasanya simulator GNS3 dapat dengan mudah deterapkan dalam mendesain topologi jaringnan maupun dalam mensimulasikan pengujian keamanan  jaringan khususnya pada metode keamanan Port Knocking. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan juga didapatkan hasil bahwasanya Metode Port Knocking dapat diterapkan untuk mengamankan Router dari akses orang lain yang tidak berhak mengaksesnya.

Kata kunci: Mikrotik Router OS, Topology, Simulator GNS3, Network Security, Port Knocking, Hacking


Full Text:

PDF

References


W. Stallings and L. Brown, Computer Security Principles and Practice, Second. 2012.

E. Hendratno, “8 Software Simulator jaringan keren dan menarik untuk belajar jaringan.” [Online]. Available: https://kopas.id/8-software-simulator-jaringan-keren-dan-menarik-untuk-belajar-jaringan/. [Accessed: 01-Jul-2018].

B. Mahbooba and M. Schukat, “Digital certificate-based port knocking for connected embedded systems,” in 2017 28th Irish Signals and Systems Conference (ISSC), 2017, pp. 1–5.

D. Sel, S. H. Totakura, and G. Carle, “SKnock: Port-Knocking for Masses,” Proc. IEEE Symp. Reliab. Distrib. Syst., vol. 2016–Octob, pp. 1–6, 2016.

A. Amarudin and Y. Atri, “Analisis Penerapan Mikrotik Router Sebagai User Manager Untuk Menciptakan Internet Sehat Menggunakan Simulasi Virtual Machine,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, no. 1, pp. 62–66, 2018.

F. H. Mohd Ali, R. Yunos, and M. A. Mohamad Alias, “Simple port knocking method: Against TCP replay attack and port scanning,” Proc. 2012 Int. Conf. Cyber Secur. Cyber Warf. Digit. Forensic, CyberSec 2012, pp. 247–252, 2012.

Mikrotik, “Mikrotik News,” 2018. [Online]. Available: https://mikrotik.com/software. [Accessed: 30-Apr-2018].

Bhinneka.Com, “No Title.”.

L. Herlina, “Pengertian GNS3 dan Konfigure,” 2017. [Online]. Available:https://gualinaherlinablog.wordpress.com/2017/01/13/pengertian-gns3-dan-konfigure/. [Accessed: 12-Feb-2018].

No name, “Definisi Hacking,” 2014. [Online]. Available: https://penjelasanhacking.wordpress.com/2014/06/27/definisi-umum-hacking/.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Amarudin Amarudin, Faruk Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter