Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung

Meila Handaini, Zulfah Zulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan E-Learning dengan media Schoology dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Tapung. 2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Schoology. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Tapung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, pengisian angket online dan mengikuti kelas online dengan aplikasi schoology. Penelitian ini dilakukan dengan 1 siklus. Hasil dari penelitian ini para siswa SMP Negeri 3 Tapung kurang bersemangat dalam pembelajaran daring (online) dibuktikan dengan pengisian angket online  yang diisi oleh siswa dengan presentase jawaban sebesar 23,3%. Setelah itu peneliti menggunakan aplikasi Schoology untuk meningkatkan motivasi siswa hanya saja siswa kurang antusisas dibuktikan dengan hanya 1 siswa yang mengikuti pembelajaran melalui aplikasi schoology.

Kata Kunci: E-Learning, Schoology, Motivasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. hal 75.

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Besana,S.2012.Schoology:ilLearningManagementSystemdiventa“social”.TDTecnologieDidattiche:51-53.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal 2011:206.

Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya, hal 23




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88