Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan E-Learning dengan media Schoology dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Tapung. 2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Schoology. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Tapung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, pengisian angket online dan mengikuti kelas online dengan aplikasi schoology. Penelitian ini dilakukan dengan 1 siklus. Hasil dari penelitian ini para siswa SMP Negeri 3 Tapung kurang bersemangat dalam pembelajaran daring (online) dibuktikan dengan pengisian angket online yang diisi oleh siswa dengan presentase jawaban sebesar 23,3%. Setelah itu peneliti menggunakan aplikasi Schoology untuk meningkatkan motivasi siswa hanya saja siswa kurang antusisas dibuktikan dengan hanya 1 siswa yang mengikuti pembelajaran melalui aplikasi schoology.
Kata Kunci: E-Learning, Schoology, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. hal 75.
Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Besana,S.2012.Schoology:ilLearningManagementSystemdiventa“social”.TDTecnologieDidattiche:51-53.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal 2011:206.
Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya, hal 23
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License