Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung

Meila Handaini, Zulfah Zulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan E-Learning dengan media Schoology dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Tapung. 2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Schoology. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Tapung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, pengisian angket online dan mengikuti kelas online dengan aplikasi schoology. Penelitian ini dilakukan dengan 1 siklus. Hasil dari penelitian ini para siswa SMP Negeri 3 Tapung kurang bersemangat dalam pembelajaran daring (online) dibuktikan dengan pengisian angket online  yang diisi oleh siswa dengan presentase jawaban sebesar 23,3%. Setelah itu peneliti menggunakan aplikasi Schoology untuk meningkatkan motivasi siswa hanya saja siswa kurang antusisas dibuktikan dengan hanya 1 siswa yang mengikuti pembelajaran melalui aplikasi schoology.

Kata Kunci: E-Learning, Schoology, Motivasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. hal 75.

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Besana,S.2012.Schoology:ilLearningManagementSystemdiventa“social”.TDTecnologieDidattiche:51-53.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal 2011:206.

Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya, hal 23




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.