Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Pair Check
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa skala sikap. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan program software SPSS versi 24 dengan criteria uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu hasil skala sikap menunjukkan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran PairCheck.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Pair Check.
Full Text:
PDFReferences
Danti, D. P. N., Suprayitno, I.J., & Prihaswati. M. (2015). Perbandingan Pembelajaran Number Head Together dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan Konstruktivisme terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 2(1): 15-21. [Online]. Diakses dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/1829/1873. [29 April 2018].
Dewi, P. S. & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–39. Doi: https://Doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,SMP. Jurnal,Penelitian Pendidikan.13(2):1-10. [Online]. Diakses dari http:// jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf. [29 April 2018].
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. (Ed. 4).Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Jainuri,,M.,(2013).,Pemahaman,Konsep.,Diakses,dari https://www.academia.edu/6942541/ Pemahaman_Konsep. [22 Mei 2018]
Karso, dkk. (1993). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Parinata, D. & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form Terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika,, 3(1), 56-65.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–30. Doi: https://Doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika,, 2(1), 32–39.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika,, 1(1), pp. 48–55. Doi: https://doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License