Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kewirausahaan pada Materi SPLTV Kelas X SMA

Susilawati Susilawati, Zulfah Zulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kewirausahaan pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD berbasis kewirausahaan pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan  metodeResearch and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang dapat dilihat bahwa evaluasi bisa terjadi pada setiapempattahap yang  bertujuan untuk kebutuhan revisi. Untuk tahap pertama yaitu tahap awal penelitian dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, serta analisis bahan ajar yang ada.Berdasarkan hasil analisis pendahuluan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa untuk dapat mengasah kemampuan penalaran matematis peserta didik, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu memfasilitasi peserta didik untuk berpikir secara logis dan sistematis dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis padamateri SPLTV.

Kata Kunci : Kewirausahaan, LKPD, SPLTV


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan untuk Umum dan Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.

Ardhiyanti, E., Sutriyono, Fika, W.P. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. (Vol.3,No.1)

Darhim M.H., Turmudi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dan Lks Berbasis Generative MultiRepresentation Learning (Gmrl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar. Jurnal cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol.03 No.02).

Hendra, Aan Putra, Zulfah. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis” Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Vol.1,No.1).

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 Tahun 2014 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mahendra, A.E. , Caswita, Baharata, H. (2019). ”Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika” Desimal: Jurnal Matematika

Meicahyati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Menggunakan Pendekatan Problem Possing Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. (Vol.2,No.2)

Risnawati, M. A. , Erdawati, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Group Investigationuntuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (Vol.1 ,No.3).

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salirawati, D. (2011). Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran (Makalah FMIPA UNY Yogyakarta).

Sugyiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surtini, S. (2014). Matematika Sebagai Salah Satu Pembelajaran untuk Menumbuhkan Jiwa Kewiraswastaan Mulai Dini. UPBJJ-UT Semarang, (Vol. 40, No.1)

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/slot gacor thailand