Pengembangan Media Pembelajaran Leovi (Linear One Variable) berbantuan SAC untuk mendukung Pelaksanaan IKM

Nuril Huda, Ajril Akmal, Salsabilla Reyhan A, Litasari Ratna Dewi

Abstract


Paradigma pendidikan saat ini menekankan pembelajaran kontekstual pada seluruh mata pelajaran di kelas sebagai akibat dari penerapan kurikulum merdeka. Integrasi proses pembelajaran dengan teknologi salah satunya memanfaatkan media pembelajaran di kelas merupakan contoh kecil dari implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yang praktis dan sesuai untuk membantu implementasi kukikulum merdeka. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), dimana penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan 4D tersusun dari empat tahap yang mencakup define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh dari lembar validasi terbagi menjadi data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Data dari angket berupa kuantitatif dianalisis untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil evaluasi media menunjukkan persentase rata-rata sebesar 86.3%, dengan kategori “Sangat Layak”. Aspek soal memperoleh persentase rata-rata sebesar 84.5%, juga dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu, hasil angket kepraktisan yang melibatkan 28 peserta didik memberikan persentase kepraktisan rata-rata sebesar 87.1%, juga dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, melihat hasil penilaian mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak diimplementasi pada proses pembelajaran dikelas sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Budiarti, E., Zidni, Z., & Eka Saputra, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MA NW Lenek Lauq. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(2), 35–45. https://doi.org/10.29408/fhs.v2i2.1372

Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Efendi, N. M. (2019). REVOLUSI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (PENGGUNAAN ANIMASI DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Fahrozy, F. P. N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2098

Habibah, M. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI DIGITAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 76–89. https://doi.org/10.30762/sittah/v3i1.11

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI MEDIA POWER POINT PADA MATA KULIAH SEJARAH ASIA TIMUR. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11–18.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI ERA PANDEMI COVID-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Kamarullah. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI JEMBATAN REFORMASI PEMBELAJARAN DI INDONESIA LEBIH MAJU. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Puji, K. M., Gulö, F., & Ibrahim, A. R. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL DI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 59–65.

Rambung, O. S., Sion, Bungamawelona, Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(3), 598–612.

Rohimah, S. M. (2017). ANALISIS LEARNING OBSTACLES PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Rosmawanti, R., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 154–162. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11747

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. (2018). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABELDITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal Numeracy, 5(1), 77–90.

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2021). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.

Yazid, M. Z. M., Engkamat, L., Onn, N. T., & Ling, Y.-L. (2022). Penggunaan Alat Bantu Audio-Visual Dalam Meningkatkan Penguasaan Kemahiran Pelajar Menghasilkan Produk Umai. Journal of Social Sciences and Technical Education, 3(1), 52–67.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.4443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/