Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran PBL disertai pendekatan TaRL dan komponen CASEL yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi, tes, dokumen, dan kuisioner. Penelitian ini berangkat dari hasil observasi di beberapa kelas SMP Negeri 2 Jember bahwa kegiatan pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan belajar peserta didik. Hasil observasi pun juga menunjukkan bahwa peserta didik masih belum dapat menghargai guru dengan tidak mendengarkan penjelasan guru dan hanya sibuk dengan kegiatan sendiri, peserta didik juga kurang menghargai teman sejawatnya karena masih banyak peserta didik yang berbahasa kurang baik dan kurang sopan. Sehingga dari hal tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang lebih berpihak pada peserta didik dan mampu meningkatkan kompetensi sosial emosional. Produk yang dihasilkan pada penilitian ini adalah perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berupa RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, serta kisi-kisi dan rubrik penilaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada tingkat valid sehingga dapat diimplementasikan. Hasil uji coba yang dilakukan di kelas VIIID SMP Negeri 2 Jember menunjukkan hasil ketuntasan klasikal mencapai 88%, perangkat pembelajaran yang telah diuji dinyatakan efektif, dan kompetensi sosial emosional peserta didik meningkat.
Full Text:
PDFReferences
Benti Yulius, Irwan, & Yerizon. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Mosharafa, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6 No 2, hal 279-286. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang. Padang.
Cahyani, U. A. E. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery ) Materi Prisma dan Limas untuk Siswa Kelas VIII Semester II. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Elias, M., & Arnold, H. 2006. The educator’s guide to emotional intelligence and Academic achievement. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Ikhsan, M., & Rizal, S. 2014. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/download/1330/1211.
Mahmidatul Fitri., Putri Yuanita., & Maimunah. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, Vol 5 No 1, hal 77-85.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual understanding and procedural knowledge: a case study on learning mathematics of fractional material in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/4/042037.
Permendikbud No 36 Tahun 2018. (n.d.)
Rahmiati. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharafa. Vol 6 No 2. Pascasarjana FMIPA.Universitas Negeri Padang. Padang.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Sahin, A., Ekmekci, A., & Waxman, H. C. 2017. The relationships among high school STEM learning experiences, expectations, and mathematics and science efficacy and the likelihood of majoring in STEM in college. International Journal of Science Education, 39(11), 1549- 1572.
Tati, et al. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Sriwijaya. Volume 3 No. 1. Januari 2009.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License