Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Litersi Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 4 MAN 1 Gresik yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dilaksanakan untuk mengamati aktivitas peserta didik di dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengumpulkan data terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dideskripsikan untuk memberi gambaran proses yang dilaksanakan. Kemudian nilai siswa dibandingkan antara nilai pada siklus I dengan nilai pada siklus II. Peningkatan yang terjadi pada siklus I tingkat kemampuan literasi matematika siswa masih berada di bawah 50, dan pada siklus II tingkat kemampuan literasi matematika siswa adalah 75% secara berkelompok dan 81% berdasarkan tes pada masing-masing siswa. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas XI di MAN 1 Gresik.
Full Text:
PDFReferences
Astutik, S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SDN ORO-ORO OMBO 02 KOTA BATU. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(3), 561–582.
B. Paloloang, Muhammad Fahri, dkk. (2020). Meta AnalisiS: Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851-864
Dinata, Oto Iskandar. (2022). Meta Analisis Penggunaan Model PBL Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Mathema Journal, 4(2)
Fadillah, S., Wiwit, & Aisyah. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Aritmatika Sosial Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 167–176.
Fatwa, Conie Vika., Septian, Ari., & Inayah, Sarah. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafah: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3)
Firdaus, Aulia., Asikin, Mohammad, Waluya, Budi, & Zaenuri. (2021). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Qalammuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 1392)
Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupate Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPann) .
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika .
Marhayati. (2022). PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DAN MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Prosiding MAHASENDIKA.
Maulidya, S. R., & Achmadi, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Fibonanci .
Muharomah, Nita Nurul, & Setiawan, Erwan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3)
Naibaho, T., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 111–117.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Arianto, D., Wahab, A., Aini, A. N., Rai Bawa, D. G. A., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Harizahayu. (2020). PenelitianTindakan Kelas untuk Guru Inspiratif (1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Nindiasari, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.
Nurjanah, S., Mutmainah, S., & Setyawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Kelas X MA Ahsanul ’ Ibad Taman Fajar. MATHEMA JOURNAL, 4(2), 77–83.
Ramadhan, S., Prubaningrum, M., Raudyathauzahra, & Setyaningrum, W. (2023). Penggunaan Teknologi untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Rohman, Syaifudin, & Antari, L. (2023). PEMBELAJARAN TIPE CONNECTED DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MTs. DELTA Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 69–80.
Rosmalah, Asriadi, & Shabir, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 969–975.
Salim, Karo-Karo, I. R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas.
Sutoyo. (2020). TEKNIK PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) (1st ed.). UNISRI Press.
Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Matematics .
Usman, J., Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas PTK (1st ed.). AcehPo Publishing.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License