Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis pendidikan matematika realistik serta kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA N 1 Batanghari sebanyak 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik, lembar angket kepraktisan guru, dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata- rata 3,55 dalam kategori “sangat valid”. Hasil respon peserta didik pada aspek kemenarikan diperoleh persentase 89,8% dengan kategori “sangat menarik”. Hasil angket kepraktisan diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan hasil tes pada aspek keefektifan memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,6% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid, menarik, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi, LKPD, Pendekatan PMRI
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual : Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI. Kencana.
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Astuti, P., Hartono, Y., Bunayati, H., & Indaryanti. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika Untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–77.
Depari, D. M., & Matondang, A. (2021). Development of Based Student Worksheets Realistic Mathematics Learning Model For improvement of Critical Thinking Ability Class XI Vocational High School Students. 1(1), 30–37. https://doi.org/10.32734/jomte.v1i1.7576
Fajri, I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Kreatif dan Produktif di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 06(02), 144–151.
Fitriani, & Hamansah, M. K. M. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Strategi Motivasi Arcs Materi Sistem Imunitas Pada Kelas Xi Mia Mamadani Alauddin Pao-Pao. 1, 85–110.
Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490
Mu’tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 83. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7776
Novian, A., & Setiadi, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Pendekatan Saintifik. 5(1), 62–71.
Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887
Sari, R. M., Amir M.Z., Z., & Risnawati, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 66–74. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1108
Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 7–18. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/610
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendiddikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprayitno, A. A. K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Materi Keragaman Ekonomi Di Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpgsd, 9 nomor 7, 1–12.
Susanti Esa, Sukasno, R. R. (2017). Mahasiswa STKIP-PGRI Lubuklinggau Dosen STKIP-PGRI Lubuklinggau 1. 1–11.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License