Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Matematika Knisley dan Aplikasi Geometryx
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) implementasi pembelajaran materi bangun ruang sisi datar menggunakan model matematika Knisley dan aplikasi Geometryx, (2) respon siswa terhadap pembelajaran materi bangun ruang sisi datar menggunakan model matematika Knisley dan aplikasi Geometryx. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek siswa kelas VIII yang berjumlah 22 siswa pada salah satu SMP di Cililin Bandung Barat. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala respon siswa berjumlah 28 butir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) menggunakan model matematika Knisley dan aplikasi Geometryx telah sesuai dengan tahapan model matematika Knisley yang terdiri dari kongkrit-reflektif, kongkrit-aktif, abstrak-reflektif dan abstrak-aktif. Selanjutnya untuk rata-rata skala respon siswa menunjukan persentase 82,1 % sehingga termasuk kriteria baik. Hal ini menandakan pembelajaran materi BRSD menggunakan model matematika Knisley dan aplikasi Geometryx dipandang memberi kesan bermakna bagi siswa, karena pembelajarannya yang terstruktur dan melatih daya kritis. Adapun yang mendapat persentase terbesar adalah indikator “ ketertarikan dan pendapat siswa pada pembelajaran materi BRSD dengan menggunakan bantuan aplikasi Geometryx” dengan persentase 88,3% sehingga termasuk kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi Geometryx dapat membantu siswa menumbuhkan motivasi, ketertarikan dan minat belajar yang tinggi pada konsep matematika, khususnya BRSD.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Geometryx, Model Matematika Knisley.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 134.
Faradillah, A. (2018). Analysis of mathematical reasoning ability of pre-service mathematics teachers in solving algebra problem based on reflective and impulsive cognitive style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2).
Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Meningkatkan kemampuan advanced mathematical thinking dengan menggunakan model pembelajaran matematika knisley pada mata kuliah trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 69-80.
Haety, N. I. (2013). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sma (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Herlina, N., Fitriah, A., & Setiawan, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Aplikasi GeoGebra Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal On Education, 01(03), 471–477.
Knisley, J. (2001). A four-stage model of mathematical learning. The Mathematics Educator, 12(1).
Meilinda, N. V., Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 1(3), 512-524.
Milkhaturrohman, M., Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 94-106.
Mulyana, E. (2009). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan pemahaman dan disposisi matematika siswa sekolah menengah atas program ilmu pengetahuan alam. Universitas Pendidikan Indonesia.
Novitasari, W., Fitriani., & Nasution, S. T. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 132-141.
Nurfauziah, P., Fauzy, A., & Fitriani, N. (2021). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model Matematika Knisley Berbantuan Geometryx. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 1–11.
Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2018). Penerapan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Model Matematika Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 356-362.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59-68..
Saragih, S. H., Syahputra, E., Syafari, & Sinaga, Y. R. (2018). Development of learning devices through knisley mathematical learning model to improve mathematical understanding and disposition ability of class VII SMP Swasta Tamora 2. American Journal of Educational Research, 6(11), 1522-1530.
Septiyana, W., & Indriani, A. N. (2018). Model Pembelajaran Knisley untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 155–174.
Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 60.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, T. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Matematika Knisley (Mpmk) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self Confidence Siswa Mts. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Walle, J. V. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah. Jakarta: Erlangga.
Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Program GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Journal Of Matematics Learning, 2(2), 1–11.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License