Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan reliabilitas tes, pembagian kelompok atas atau unggul dan kelompok bawah atau asor, adanya daya pembeda, perbedaan tingkat kesukaran soal, dan kualitas soal dengan pengecoh pada soal sumatif akhir semester ganjil dengan menggunakan software Anates dan jenis soal adalah pilihan ganda. Kriteria soal yang muncul diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 40 Surabaya. Pengambilan data secara acak dengan kelas terpilih kelas VIIF. Soal sumatif akhir semester ganjil kelas VII tahun pelajaran 2022-2023 pada bidang studi matematika dikerjakan sebanyak 31 siswa dengan jumlah soal sebanyak 40 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga menghasilkan reliabilitas soal menunjukkan angka 0,51 yang berarti cukup. Adanya pembagian kelompok unggul dengan 8 siswa yang memiliki skor tinggi dan kelompok asor sejumlah 8 siswa dengan skor rendah. Daya Pembeda dalam mengerjakan soal sumatif akhir semester ganjil adalah cukup baik, sedangkan kualitas pengecoh soal secara keseluruhan kurang efektif. Sebagian besar pengecoh belum berfungsi dengan baik dan ada 1 soal yang tidak terbaca. Dengan demikian, secara keseluruhan soal sumatif akhir semester ganjil kelas VII bidang studi matematika adalah signifikan dan layak diberikan kepada siswa. Untuk selanjutnya soal yang kurang baik ataupun pengecohnya kurang berfungsi perlu diberikan perbaikan dan menambah tampilan agar lebih menarik.
Kata Kunci: Analisis butir soal, Software Anates, Reliabilitas
Full Text:
PDFReferences
Alpusari, M. (2015). Analisis Butir Soal Konsep Dasar Ipa 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 for Windows. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i2.2501
Amalia, N. R., Halik, A., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Soal Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 219–230. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25840
Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2017). Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional Dengan Menggunakan Aplikasi Program Anates. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.213
Ariany, R. L., & Al-Ghifari, A. (2018). Penggunaan Software Anates Untuk Validasi Instrumen Tes. Al-Khidmat, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327
Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Darus, M. F., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order Thinking Skills (Hots). JPMI (Jurnal …, 4(4), 777–788. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.777-788
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459
Huriaty, D., & Gazali, R. Y. (2021). Analisis Instrumen Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Hulu Sungai Tengah. 1(4), 85–93.
Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7488
Medan, U. N., Williem, J., & Psr, I. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019 / 2020. JP2MIPA, 07(01), 91–99.
Nazliati, N. (2019). Penggunaan Software Anates Dalam Pembelajaran Evaluasi Pendidikan Pada Mahasiswa Non Matematika Ftik Iain Langsa. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 139. https://doi.org/10.22373/jppm.v2i2.4503
Sari, A. I. C., & Herawati, M. (2014). Aplikasi ANATES Versi 4 dalam Menganalisis Butir Soal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 203–214. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/353
Sari, P. I., & Yudha, R. I. (2020). Pemanfaatan Penerapan Media Berbasis Software Anates pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 81. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.732
Suharto, Y. (2019). Analisis Butir Soal Evaluasi Peserta Diklat Prajabatan Cpns K1 / K2 Golongan Iii Provinsi Dki Jakarta Tahun 2018 the Analysis of Evaluation Items of Cpns K1 / K2 Pre-Service Training Participants Group Iii Dki Jakarta Province 2018. Monas : Jurnal Inovasi Aparatur, 1(1), 1–13.
Suparyanto dan Rosad. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. In Suparyanto dan Rosad (Vol. 5, Issue 3).
Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068
Wardany, K., Sajidan, & Ramli, M. (2015). Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 12(1), 538–543.
Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914
Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates dalam Evaluasi Pembelajaran. In Pena Persada (Vol. 3, Issue Mei).
Zein, A., Fadillah, M., & Novianti, R. (2013). Hubungan Antara Validitas Butir , Reliabilitas , Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma / Ma Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010 / 2011 *. Semirata 2013 FMIPA Unila, 2009, 39–47. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/download/572/392
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License