Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika

Sofia Nurul Hikmah, Very Hendra Saputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, mengetahui korelasi pemahaman matematis terhadap hasil belajar matematika dan mengetahui korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah siswa X TKJ 1 SMK Al-Huda Jatiagung sebanyak 37 siswa yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran angket motivasi belajar, penyebaran soal tes pemahaman matematis dan data nilai UTS Ganjil 2022/2023. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) tidak terdapat hubungan korelasi antara motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar matematika; 2) tidak terdapat hubungan korelasi antara motivasi belajar sedang terhadap hasil belajar matematika; 3) tidak terdapat hubungan korelasi antara motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar matematika; 4) terdapat hubungan korelasi antara pemahaman matematis tinggi siswa terhadap hasil belajar matematika; 5) terdapat hubungan korelasi antara pemahaman matematis sedang siswa terhadap hasil belajar matematika; 6) tidak terdapat hubungan korelasi antara pemahaman matematis rendah terhadap hasil belajar matematika; 7) terdapat hubungan korelasi antara motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X TKJ 1 SMK Al-Huda Jatiagung.


Full Text:

PDF

References


Alan, U. F. dan Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition dan Problem Based Learining. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 67-78.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Budiyani, A., Marlina, R. dan Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. MAJU. 8(2). 310-319.

Damayanti, Firsa. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok ditinjau dari Motivasi Belajar. JURNAL EDUPEDIA. 4(2). 172-180.

Fatra, Lia. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2012-2013. T1-Mathematics Education.

Jehabun, S., Gunur, B. dan Kurniawan Y. (2020). Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1). Januari-April 2020.

Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Maya, W. A. (2019). Students' Attitude and Motivation in Mathematical Physics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 401-408.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama. 2017. 81.

Mulyana, D., Gunadi, F. dan Nurhasanah, S. (2022). Keterampilan Mengajar Guru Matematika Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA di Masa Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 3(1), Januari 2022

Rifatul, H. H. A. N. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5). 1-10.

Rismawati, N. Dan Kadarisma, G. (2017). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal On Education. 1(2). 491.

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). The Students’mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach Of Geogebra Software. Infinity Journal, 7(2), 165-172.

Sitepu, A. dan Situmorang, A. S. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Dengan Alur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Matematika Uhn. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied. 1(1). 38-47.

Sugiyono. (2019). Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 68-69.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88