Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Raras Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis penggunaan Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah matematika diskrit. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI). Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Informatika Angkatan 2022 kelas C (IF 22C) yang berjumlah 45 mahasiswa. Proses analisis data dilaksanakan dengan tahap yaitu pengumpulan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dan analisis data dilaksanakan dengan cara menganalisis catatan observasi lapangan, menganalisis transkrip wawancara, dan menganalisis hasil angket pelaksanaan project kelompok. Pada proses pembuatan project, kelas dibagi menjadi 10 kelompok. Pada proses pembuatan project, dari 10 kelompok mahasiswa telah melaksanakan element focus, Reasons, Interface, dan Situation secara sempurna, namun terdapat kelemahan dalam elemen Clarity dan Overview dimana tidak semua kelompok yang ada di kelas melakukan proses tersebut. Hanya terdapat 90% kelompok yang melaksanakan proses Clarity dan 80% kelompok mahasiswa yang melakukan proses Overview. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurusan Informatika kelas IF 22C pada mata kuliah Matematika Diskrit. Selain itu, penggunaan Project Based Learning juga dapat mengarahkan mahasiswa untuk bertanggung jawab atas proses pembelajarannya sendiri secara mandiri.


Full Text:

PDF

References


Arifin. (2020). Problem Based Learning to Improve Critical Thinking. SHES: Conference Series 3 (4) (2020) 98 – 103.

Cortazar, C. et. all. (2021). Promoting Critical Thinking in an online, Project-Based Course. Journal Computers in Human Behaviour Volume 119 June 2021, 106705.

Dimmit, Nicholas. (2017). The Power project based Learning: Experientaial Education To Develop Critical Thinking Skills For Universuty Student. CBU International Conference on Innovation in Science and Education.

Dewanti, S.S. (2011). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Eldiva, F. T. (2018). Project Based Learning in Improving Critical Thinking Skill of Children With Special Needs. International Conference on Special and Inclusive Education.

English, M. C. & Kitsantas, A. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem and Project Based Learning. The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning Vol. 7.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. In Sixth International Conference on Thinking at MIT, July 1994. Cambridge, MA.

Fauzi, I. & Khusuma, I. H. S. (2020). Teacher’s Elementary School in Online Learning of Covid-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan Volume 5, Number 1, June 2020.

Fordjour, C. O., Koomson, K, Hanson, D. (2020). The Impact of Covid-19 on Learning- The Perspective of the Ghanaian Student. Europan Journal of Education Studies Volume 7, Issue 3.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) Volume 1 Nomor 2a Desember 2017, P-ISSN: 2581-1800, E-ISSN: 2597-4122.

Insyasiska, D., dkk. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 1 Agustus 2015.

Nuryanti, L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Universitas Negeri Malang.

Normaya & Karim. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1.

Putra, H. D. (2016). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Pendidikan STKIP SIliwangi Bandung, Indonesia dan IPG KAmpus Tun Hussein Onn, Malaysia.

Permana, T.I., Hindun,I., dkk. (2019). Critical thinking skills: The academic ability, mastering concepts, and analytical skill of undergraduate students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang.

Rochmahwati. (2015). Fostering Student’s Critical Thinking by Project-Based Learning. Journal on English as a Foreign Language Volume 5, Number 1.

Sularmi, dkk,. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume 3 Nomor 4 Halaman 475-479.

Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat Volume 3 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2407 – 3792.

Saripudin, dkk,. (2015). Characterized Project Based Learning to Improve Critical Thinking Skill. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2015 (ICMSE 2015).

Sasson, Irit, et. all. (2018). Fostering The Skills of Critical Thinking and Question-Posing in a Project-Based Learning Environment. Journal Thinking Skills and Creativity Volume 29, Pages 203-212.

Trisdiono, H. (2019). Multidisciplinary Integrated Project-based Learning to Improve Critical Thinking Skills and Collaboration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research Vol. 18, No. 1, pp. 16-30, January 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88