APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR FUTSAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Sanriomi Sintaro, Ade Surahman, Nofri Khairandi

Abstract


Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam permainan bola besar. Seorang pemain futsal harus mampu memahami dan menguasai teknik-teknik dasar dalam permainan futsal agar kerja sama tim dapat terbentuk dengan baik. Dalam proses latihan futsal saat ini masih menggunakan buku yang dimiliki pelatih sebagai acuan dalam berlatih futsal khususnya teknik dasar futsal. Jadwal latihan yang sedikit, penyampaian teori dan praktik tentang teknik dasar futsal tidak dapat diberikan secara maksimal karena keterbatasan waktu serta banyaknya anggota yang ingin berlatih teknik dasar futsal menjadi kendala tersendiri bagi pelatih dalam penyampaian materi terutama bagi anggota baru. Maka dirancang sebuah aplikasi yang dapat menerangkan tentang teknik dasar futsal dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang dibuat menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK. Aplikasi pembelajaran teknik dasar futsal dibuat dalam bentuk visualisasi animasi 3D berbasis Android, dengan tujuan sebagai alat peraga dari teori yang ada dan pemain dapat belajar tanpa harus dicontohkan oleh pelatih secara langsung. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan blackbox menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun sudah memenuhi persyaratan fungsional. Dari hasil pengujian beta yang telah dilakukan dengan menggunakan metode penerimaan kepada para responden menghasilkan nilai sebesar 83% responden tertarik menggunakan Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal AR 3D.


Full Text:

PDF

References


Mulyono, M. A., 2017. Buku Pintar Futsal. Jakarta: Anugrah.

Muhammad, F., Nugroho, R. A. & N, D. T., 2016. Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android. Jurnal Ilmu Komputer, Volume 4.

Agustina, C. & Wahyudi, T., 2015. Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android. Indonesian Journal on Software Engineering, Volume 1. Monograph, edited book, book.

Henrysson, A., 2007. Bringing Augmented Reality to Mobile Phones.

Saputro, R. E. & Saputra, D. I. S., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. E-Journal, Volume 6.

Ardiyansyah, F., 2014. Implementasi Pattern Recognition Pada Pengenalan Monumen-Monumen Bersejarah Di Kota Bandung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Komputer dan Informatika, Volume 01-08.

Mukti, I. S. A., Lumenta, A. S. M. & Sugiarso, B. A., 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6 – 9 Tahun Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika, Volume 7, p. 1.

Diartono, D. A., 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume 13, p. 3.

Riady, S. C., Sentinuwo, S. & Karouw, S., 2016. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Anak Sekolah Minggu dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Teknik Informatika, Volume 9, p. 1.

Arifitama, B., 2017. Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta:

Sujati, D. A., Isnanto, R. R. & Martono, K. T., 2016. Pengembangan Aplikasi Multimedia Untuk Pembelajaran Satelit Astronomi Nasa Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Teknologi dan Sistem Komputer, Volume 4, p. 2.

Hidayat, T., 2015. Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Citec Journal, Volume 2, p. 1.

Pradipta, I. G. A. B. H. A., Darmawiguna, I. G. M. & Pradnyana, G. A., 2017. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Markerless Pengenalan Dan Teknik Dasar Bola Basket. Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, Volume 6, p. 3.

Andi.Kusrianto, A., 2005. Panduan Lengkap Memakai Adobe Photoshop CS. s.l.:Elex Media Komputindo.

Hidayat, A. & Mujahiduddien, A., 2017. Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Konsep Augmented Reality. Siliwangi, Volume 3, p. 1.

Sutopo, A. H., 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v1i1.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter