RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB PADA SMA N 1 KALIREJO

Ratna Sari Roma Sinta, Slamet Samsugi, Setiawansyah Setiawansyah, Zahrina Amalia

Abstract


SMA Negeri 1 Kalirejo masih menggunakan metode manual untuk proses seleksi penerimaan siswa baru. Calon siswa harus datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan berkas persyaratan secara langsung. Panitia juga masih memisahkan dokumen siswa berdasarkan jalur yang dipilih dan menyampaikan pengumuman di papan informasi. Proses ini memakan waktu lama dan kurang efektif baik bagi pendaftar maupun panitia. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penerapan teknologi informasi.Oleh karena itu, dikembangkanlah Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web dengan menggunakan metode Prototype dan pendekatan berorientasi objek yang dimodelkan dengan UML (Unified Modelling Language). Sistem ini bertujuan untuk memudahkan calon siswa dalam melakukan pendaftaran secara online serta membantu panitia dalam mengelola data pendaftar.Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang mempermudah proses pendaftaran dan seleksi penerimaan siswa. Berdasarkan implementasi yang dilakukan menggunakan Webqual 4.0 dan pengujian black box dengan fokus pada functionality dan usability, didapatkan hasil 85,7% untuk uji user admin, 91,6% untuk uji user calon siswa, dan 97,2% untuk uji usability calon siswa, serta 96,8% untuk uji usability admin. Pengujian Webqual 4.0 menunjukkan hasil 94% untuk uji usability quality, 97% untuk uji information quality, dan 88% untuk uji interaction quality. Hasil ini menunjukkan kesesuaian fungsi pada sistem, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini perlu dan layak untuk diterapkan.

Full Text:

PDF

References


Agung KW & Harry D. (2021). “Rancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru pada Yayasan Pendidikan Bintang Mandiri Al-Ghazi”. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(1), 45-51.

Ripandi, Mohamad, Rachmat Hidayat, & Yusnia Budiarti. 2020. “Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada SMA Harapan Jaya Berbasis Web”. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer 5 (1):112-18. https://doi.org/10.33395/remik.v5i1.10663.

Nur Sakdiah, & Sinta Maria. (2019). “Rancang Bangun Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Siswa Baru Di Sma Negeri 2 Plus Panyabungan Berbasis Web: AMIK Mahaputra Riau”. Journal Intra Tech 3 (1):16-27. https://doi.org/10.37030/jit.v3i1.40.

Widiawati, & Hairil KS. (2020). “Perancangan Website Sistem Seleksi Siswa Baru menggunakan Framework CodeIgniter Pada Madrasah Aliyah Alkhairaat Kalumpang Kota Ternate”. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO, 3(2), 76-87.

Roger S. Pressman (2012). “Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7”. Edited by Andi. Yogyakarta.

A.S, R & Shalahuddin, M. (2018). “Rekayasa Perangkat Lunak. In Terstruruktur dan Berorientasi Objek”. Edited by Informatika. Bandung.

Yahya, DW & Muna, WA. (2021). “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions”. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22-26.

Ikbal N. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Bahan Baku Gudang pada PT. Lung Cheong Brothers Industrial”. Techno Preneurship Jurnal Ilmiah Politeknik Piksi Input Serang, 5(1), 74-101.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v5i1.4587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratna Sari Roma Sinta, Slamet Samsugi, Setiawansyah Setiawansyah, Zahrina Amalia



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter