SISTEM INFORMASI KEGIATAN PELAYANAN POSYANDU KESEHATAN IBU DAN ANAK (STUDI KASUS : RUMAH BIDAN DESA SUKANEGARA)

Meriana Sapitriani, A. Ferico Octaviansyah, Neneng Neneng, Zahra Kharisma Sangha

Abstract


Rumah Bidan Sukanegara merupakan salah satu bidan desa yang bertugas dalam melayani masyarakat khusus Desa Sukanegara salah satunya dalam kegiatan posyandu. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan proses kegiatan posyandu yang berjalan masih dilakukan secara manual yaitu dengan dicatat kedalam buku posyandu. Pada proses yang berjalan terdapat masalah dalam proses kegiatan posyandu yaitu sering terjadi kesalahan dalam pencatatan data posyandu dikarnakan banyaknya masyrakat yang melakukan kegiatan posyandu, kerusakan dan kehilangan buku posyandu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype dan akan diimplementasikan menggunakan PHP dan MySQL. Sistem ini akan diuji menggunakan metode Black Box. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi kegiatan pelayanan posyandu posyandu secara online. Aplikasi yang dibangun ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan administrasi di Posyandu, dapat mengetahui informasi proses pencatatan data hasil kegiatan riwayat posyandu, dan jadwal dan tempat imunisasi serta dapat mencetak hasil kegiatan posyandu secara otomatis dengan pesan dengan cepat.


Full Text:

PDF

References


Widaningsih, S., & Efendi, F. K. (2018). Sistem Pelayanan Posyandu Berbasis Web Sebagai Sarana dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Di Posyandu Sartika Cikondang. Media Jurnal Informatika, 10(2), 29-35.

Nakhoda, Y. I., Soetedjo, A., & Hartono, K. I. C. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Android Sebagai Sarana Penunjang Kegiatan Posyandu. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (SENIATI), 400–405.

Nabila, S., & Kusumadewi, S. (2015). Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak Nabila. Prosiding Snatif, 2(1), 207–214.

Sundari, J. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering, 2(1), 44–49.

Pratama, S. (2016). Penerapan Sistem Informasi Posyandu Mawar Kelurahan Simpang Empat. Technologia, 7(4), 237–244.

Yahya, DW & Muna, WA. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22-26.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v5i1.4583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meriana Sapitriani, A. Ferico Octaviansyah, Neneng Neneng, Zahra Kharisma Sangha



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter