APLIKASI E-VOTING PADA PEMILIHAN KETUA OSIS BERBASIS MOBILE DAN PROFILE MATCHING (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 BULOK)

Arsy Kurniawan, Setiawansyah Setiawansyah, Yuri Rahmanto

Abstract


E-voting atau elektronik voting adalah suatu cara pemungutan suara  yang memanfaatkan alat elektronik untuk memudahkan proses pemungutan suara tersebut. E-voting memilik kelebihan seperti proses pemilihan yang cepat, proses perhitungan suara cepat, perhitungan suara secara realtime dimana setiap suara yang masuk akan terlihat pada aplikasi, informasi lebih mudah diakses, mengurangi biaya oprasional dalam melaksanakan pemilihan atau pemungutan suara dan meminimalisir kekurangan yang ada pada cara pemungutan konfensional (dengan surat suara). Sejalan dengan perkembangan teknologi dan pengguna smartphone yang pesat, pemungutan dengan cara e-voting tentu sangat membantu dan mempercepat proses suatu pemilihan. Pemilihan ini nantinya dibantu dengan SPK Profile matching. Profile matching adalah sebuah mekanisme pengambilan keputusan dengan asumsi terdapat variable predictor ideal yang harus dimiliki oleh pelamar, bukannya tingkat minimal yang harus dipenuhi atau dilewati

 

Kata Kunci: Aplikasi, E-Voting, Profile Matching, Mobile


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Republik Indonesia , 2017. Statistik Transportasi Darat 2017. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia.

Fahmi, Husni & Handoko:Dewi, 2010. Kajian Teknis Tentang Pemungutan Suara Secara Elektronik. 1st ed. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Fatta, H. A., 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Gelu, L. P., Olla, D., Nababan, D. & Kelen, Y. P., 2022. E-VOTING PEMILIHAN KETUA BEM UNIVERSITAS TIMOR BERBASIS. Journal Of Information And Technology UNIMOR, pp. 58-64.

Hambling, B. & Goethem, P. V., 2021. User Acceptance Testing: A Step By Step Guide. 3rd Edition ed. Swindon: BCS Learning.

Jogiyanto, 1999. Pengenalan komputer, dasar ilmu komputer pemrograman sistem informasi dan intelegensi buatan. 1 ed. Yogyakarta: ANDI.

Junafan, A., 2018. Geographic Information System Pencarian Lokasi Rumah Sakit dan Kantor Polisi Berbasis Android. Sidoarjo: s.n.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. 1st ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Kustiyaningsih, Y., 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lavarion, D. & Yustanti, W., 2016. Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Manajemen Informatika, VI(1), pp. 72-81.

Nada, N. Q. & Wibowo, S., 2015. Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual

0. pp. 122 - 131.

Nasution, R. S., Ferina, W. & Tanjung, M. R., 2020. Rancang Bangun Aplikasi Pemilihan Pegawai Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Berbasis Android Pada BPJS Ketenagakerjaan. Jurna FTIK, I(1), pp. 666-680.

Pressman & Roger, 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R. S., 2000. Software Engineering : A Practioneer's Approach. 5th Edition ed. Penssylvania: McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v2i2.3703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arsy Kurniawan, Setiawansyah Setiawansyah, Yuri Rahmanto



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter