Penerapan Zachman Framework Dalam Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah

Saeful Bahri

Abstract


Sekolah swasta tidak terlepas dari sumber pendanaan dari siswa maupun dari bantuan operasional sekolah, pendanaan yang diterima sekolah tentunya memiliki kegunaan yang berbeda- beda sesuai dengan peruntukan dana tersebut dibayarkan oleh siswa maupun dari bantuan operasional sekolah, sehingga dalam proses pencatatan dan pengelolaan dana tersebut diperlukan ketelitian supaya tidak terjadinya kesalahan dalam proses pembuatan laporan keuangan disetiap akhir periode. sehingga sekolah memerlukan suatu sistem dalam pengelolaan hal tersebut. Kemajuan zaman yang semakin modern menjadikan suatu sistem aplikasi otomasi dan terintegrasi tidak hanya sebagai nilai tambah tetapi menjadi sebuah kebutuhan dalam menjalankan suatu organisasi. Menanggapi hal ini peneliti mencoba menggambarkan suatu rancangan sistem informasi manajemen keuangan yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan sekolah dengan menggunakan kerangka kerja arsitektur enterprise yaitu zachman framework yang bisa membantu dalam proses pembuatan sistem keuangan sekolah ini, rancangan sistem atau blueprint sistem ini mengedepankan pandangan dari berbagai persektif yang ada di sekolah dan dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan sistem ini sehingga sistem bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang di hadapi sekolah khususnya dalam pengelolaan keuangannya, dalam pengambilan data yang dibutuhkan peneliti melakukan observasi dan wawancara langsung ke lokasi penelitian, yaitu SDIT Andalusia dan dalam pengelolaan keuangan masih terdapat beberapa kesalahan seperti redudansi data, kesalahan penulisan dan pencatatan dikarenakan masih menggunakan pencatatan manual, sehingga dalam penyusunan laporan keuangan sering terjadi keslahan jika tidak teliti dalam melakukan penyusunan tersebut. Dalam penelitian ini penulis hanya memuat empat persfektif yang ada dalam kerangka zachman diantaranya yaitu: perspektif planner, perspektif owner, perspektif designer dan perspektif builder. Hasil dari penelitian ini berupa suatu rancangan suatu sistem informasi keuangan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan suatu aplikasi sistem informasi keuangan yang cocok digunakan oleh sekolah, sehingga dikemudian hari bisa digunakan sebagai sarana untuk mempermudah dan mengatasi kesalahan kesalahan yang sering terjadi dalam proses pencatatan keuangan dan pencatatan laporan keuangan di sekolah

Full Text:

PDF

References


G. . McLeod, Raymond & Schell, Management Information System - Sistem Informasi Manajemen. 2012.

A. Y. Andi Mardiana Paduppai, Wahyu Hardyanto, Agus Hermanto, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen,” Semin. Nas. Pascasarj. 2019, pp. 84–89, 2019.

G. Adillah, “Manajemen Keuangan Sekolah,” Manajer Pendidik., vol. 10, no. 4, pp. 343–346, 2016, doi: 10.31227/osf.io/m2huz.

J. A. Zachman, “The zachman framework for enterprise,” Zachman Int., p. 38, 2003.

Lasimin, Kusrini, and E. T. Lutfi, “Enterprise Architecture Planning Manajemen Kampus Di Stikesal-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, no. 3, pp. 219–228, 2016.

M. Adhani, L. A. Abdillah, and Q. Widayati, “Analisa dan perancangan sistem informasi penerimaan siswa baru dan pembayaran spp menggunakan zachman framework,” Semin. Nas. Inform., 2015.

S. Pinjam and J. Manunggal, “Penerapan Framework Zachman Dalam Merancang Blueprint ( Arsitektur ) Sistem Informasi Administrasi Pada Koperasi Design of Administration Information System on Koperasi,” no. x, pp. 1–12, 2012.

J. Raco, “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018, doi: 10.31219/osf.io/mfzuj.

T. Nempung, T. Setiyaningsih, and N. Syamsiah, “Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web,” no. November, pp. 1–8, 2015.

N. H.-I. J. P. dan Informasi and undefined 2014, “Penelitian Kepustakaan,” vol. 0, no. 01, pp. 36–39, 2011.

R. Irfanto and J. Fernandes Andry, “1 Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan Zachman Framework (Studi Kasus: Pt.Vivamas Adipratama),” Peranc. Enterp. Archit. Menggunakan Zachman Fr, no. November, pp. 1–2, 2014.

R. Rosmiati, “Perencanaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Zachman Framework,” J. SAINTEKOM, vol. 7, no. 1, p. 13, 2017, doi: 10.33020/saintekom.v7i1.18.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Saeful Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter