IMPLEMENTASI KONSEP MEDIA SOSIAL DALAM SISTEM INFORMASI KEGIATAN KESISWAAN (STUDI KASUS : SMK XYZ)

Tiya Monica, Rohmat Indra Borman

Abstract


Media sosial menwarkan kemudahan dalam interaksi dan komunikasi dengan tidak tatap muka secara langsung. Kehadiran situs jejaring sosial telah menjadi sebuah media alternatif dalam mengembangkan hubungan dan komunikasi. Pada penelitian ini dilakukan penerapan konsep media sosial pada sekolah dalam pemanfaatan sharing informasi di bidang  kesiswaan pada SMK XYZ. Pada sistem yang berjalan saat ini terjadi beberapa kendala diantaranya informasi yang tidak tersebar dengan baik dan tidak semua mengetahui informasinya. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah sistem informasi dengan menggunakan konsep media sosial, dimana sistem informasi akan dilakukan dengan mudah oleh para anggota organisasidan semua anggota dapat ikut berpartisipasi berbagi informasi mengenai kegiatan organisasi tersebut secara real time. Sistem informasi kegiatan kesiswaan untuk  organisasi siswa pada SMK XYZ telah enerapkan konsep media sosial dengan menerapkan fitur-fitur yang harus media sosial yang terdiri dari fitus sociality, openess, contributors, contents, technology dan location.Pada pengujian respontime dengan menggunakan Apache Jmeter, sistem mampu menangani dengan baik untuk akses 50 user secara bersamaan.

Full Text:

PDF

References


A. S., R., & Salahudin, M. (2013). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Abadi, T. W., Fandrian, S., & Utara, D. A. (2013). Media Sosial dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja di Sidoarjo. KANAL , 2 (1), 95-106.

Kosasi, S., & Kuway, S. M. (2012). Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA , 2, No. 1.

Rulyana, D., & Borman, R. I. (2014). Aplikasi Simulasi Tes Potensi Akademik Berbasis Mobile Platform Android. Seminar Nasional FMIPA-Universitas Terbuka. DKI Jakarta.

Schlagwein, D., Schoder, D., & Fischbach, K. (2011). Social Information Systems: Review, Framework, And Research Agenda. Thirty Second International Conference on Information Systems.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Sommervile, I. (2011). Software Engineering Ninth Edition. Addison-Wesley.

Watie, E. D. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. THE MESSENGER , III (1), 69-75.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v11i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tiya Monica, Rohmat Indra Borman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter