RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN)

Mia Melinda, Rohmat Indra Borman, Erliyan Redy Susanto

Abstract


Pelayanan publik pada dasarnya adalah upaya sebuah organisasi baik  langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan dengan layanan yang baik. Informasi yang dapat diakses oleh publik dibutuhkan informasi yang cepat dan tepat waktu, tidak terkecuali pelayanan informasi di desa. Di kantor desa Durian Kecamatan Padang cermin Kabupaten Pesawaran mempunyai banyak informasi publik diantaranya mengenai kegiatan desa, bantuan atau hanya sekedar memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu dari pelayanan publik yang bersifat pembuatan surat salah satu contohnya penerbitan (SKTM) Surat Keterangan Tidak Mampu. Proses dalam pelayanan surat-surat yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui proses yang panjang. Hal ini dapat membuat proses untuk mengurus surat-surat tersebut terasa berat oleh masyarakat. Selain itu informasi desa hanya melalui mading dan informasi melalui ketua RT. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi publik berbasis web yang dapat mepermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Full Text:

PDF

References


A. S., R., & Salahudin, M. (2013). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Arnova, T., & Ahmad, I. (2015). Sistem Informasi E-Document Korespodensi Pada Korem 043/Gatam. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi , 1 (2), 15-18.

Kosasi, S., & Kuway, S. M. (2012). Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA , 2, No. 1.

Lipursari, A. (2012). Peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Pengambilan Keputusan. JURNAL STIE SEMARANG , 05 No. 1, 26-37.

Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati. (2013). Peran Brainwaire Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Computech & Bisnis , 7 No. 1.

Rulyana, D., & Borman, R. I. (2014). Aplikasi Simulasi Tes Potensi Akademik Berbasis Mobile Platform Android. Seminar Nasional FMIPA-Universitas Terbuka. DKI Jakarta.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Sommervile, I. (2011). Software Engineering Ninth Edition. Addison-Wesley.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v11i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mia Melinda, Rohmat Indra Borman, Erliyan Redy Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter