Sistem Informasi Monitoring Siswa Terhadap Laporan Akademik dan Non Akademik Berbasis Website
Elia Sari
Abstract
Abstrak-Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam cara masyarakat mendapatkan dan mengelola informasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Di Sekolah Menengah Atas (SMA), pemantauan terhadap perkembangan siswa mencakup aspek akademik dan non-akademik yang sama-sama penting dalam membentuk karakter dan potensi siswa. Namun, sistem pemantauan yang masih dilakukan secara manual atau terpisah seringkali menyulitkan sekolah untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai perkembangan siswa, serta menghambat keterlibatan orang tua dalam proses pemantauan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi monitoring berbasis web yang mampu mengintegrasikan data akademik dan non-akademik siswa dalam satu platform. Dengan menggunakan metode Waterfall, penelitian ini melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan untuk memastikan sistem yang dihasilkan stabil, terstruktur, dan mudah digunakan. Sistem ini dirancang untuk mempermudah guru dalam memantau aktivitas siswa, memberikan akses informasi real-time kepada orang tua, serta mendukung evaluasi menyeluruh oleh pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat memberikan solusi atas permasalahan pemantauan siswa secara manual. Sistem ini memungkinkan akses data siswa yang lebih cepat dan akurat, baik dalam aspek akademik seperti nilai ujian, tugas, maupun dalam aspek non-akademik seperti kehadiran, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan sikap sosial. Dengan adanya integrasi data, proses evaluasi menjadi lebih efisien, dan respon terhadap permasalahan siswa dapat dilakukan dengan lebih cepat. Implementasi sistem informasi ini memberikan manfaat nyata bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua. Guru dapat memantau perkembangan siswa secara terintegrasi, sementara orang tua dapat mengakses informasi anak mereka kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses monitoring siswa di SMA, serta mendukung terciptanya kolaborasi yang lebih baik antara pihak sekolah dan orang tua untuk perkembangan siswa yang optimal.