Penerapan Algoritma C4.5 dan Metode 360 Derajat Pada Sistem Informasi Penilaian Karyawan

Mugia Rochmat Asyhari, Franciskus Antonius Alijoyo, Dwi Vernanda

Abstract


Abstrak−Karyawan merupakan aset penting dalam suatu perusahaan, penilaian kinerja karyawan yang tepat dan efektif berperan untuk membantu manajemen dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan serta dapat mengembangkan program pengembangan perusahaan. Saat ini PT WS yang bergerak pada bidang perbankan telah rutin melakukan penilaian kinerja karyawan, namun dalam proses penilaian masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya penilaian yang masih dilakukan secara manual dan penilaian subjektif hanya oleh atasan. Setelah dilakukan survei terhadap 145 karyawan yang berada di kantor pusat dan kantor cabang, didapatkan hasil 63% responden merasa kurang puas terhadap penilaian kinerja yang selama ini terjadi. Selain karyawan yang merasa kurang puas, divisi human resource juga mengalami kendala yaitu sulit memperoleh data yang akurat karena tidak adanya poin-poin kriteria yang mendukung penilaian. Maka dari itu perlu adanya pengembangan sistem informasi dan penerapan data mining Algoritma C4.5 untuk membantu pengklasifikaian penilaian kinerja, serta penggunaan Metode 360° dalam proses penilaian. Penerapan Algortima C4.5 dan Metode 360° diharapkan mampu menjadi alat pendukung keputusan yang tepat dalam mengklasifikasikan kinerja karyawan di PT WS. Peluang kesesuaian antara kinerja karyawan dengan hasil penilaian karyawan akan semakin besar karena hasil prediksi dari klasifikasi menggunakan Algoritma C4.5 dan penilaian dari semua unsur yang terlibat pada karyawan menggunakan Metode 360°. Terdapat 85 data penilaian karyawan, sebanyak 50 data karyawan ditetapkan sebagai data training. Telah dilakukan perhitungan nilai entropy dan gain, pada partisi pertama gain tertinggi sebesar 0,6128 pada atribut cara kerja, partisi kedua nilai gain tertinggi pada atribut finansial dengan nilai 0,912 dan partisi ketiga didapatkan nilai gain tertinggi yaitu 0,862. Terdapat tiga jenis penilai pada Metode 360° yaitu atasan, rekan, dan bawahan. Penerapan Algoritma C4.5 dan Metode 360° pada Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan  berbasis website telah berhasil dikembangkan dan telah dilakukan pengujian sistem. User acceptance testing dari 15 pengguna dengan 10 pertanyaa memperoleh nilai rata-rata yaitu 83.4%, artinya sistem siap digunakan.

Full Text:

PDF

References


A. Alijoyo, “ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, VALUE CHAIN, AND LIFE CYCLE COST: HOW THE THREE CONCEPTS ARE ADOPTED TO INCREASE COMPETITIVENESS”, [Online]. Available: https://journalkeberlanjutan.com/index.php/ijesss

P. C. Promosi Jabatan Karyawan Dengan Algoritma, S. Kasus, and A. Senayan Jakarta, “Prediction of Employee Position Promotion Using C4.5 Algorithm (Case Study: Senayan Apartment Jakarta),” 2019.

T. H. Apandi, R. B. Maulana, R. Piarna, and D. Vernanda, “Menganalisis Kemungkinan Keterlambatan Pembayaran Spp Dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus Politeknik Tedc Bandung),” Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. 16, no. 2, pp. 93–98, 2019, doi: 10.33480/techno.v16i2.659.

D. Vernanda, R. Piarna, H. Lustiana, T. Herdiawan Apandi, M. Informatika, and P. Negeri Subang, “Violation Types Determination of the Whistleblowing System Using the C4.5 Algorithm,” Jurnal CoreIT, vol. 9, no. 1, 2023, doi: 10.24014/coreit.v9i1.22897.

X. Meng, P. Zhang, Y. Xu, and H. Xie, “Construction of decision tree based on C4.5 algorithm for online voltage stability assessment,” International Journal of Electrical Power and Energy Systems, vol. 118, no. July 2019, p. 105793, 2020, doi: 10.1016/j.ijepes.2019.105793.

M. Kadafi, I. Effendy, and I. Effendy, “PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360-DEGREE PADA PT ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU PALEMBANG,” Bina Darma Conference on Computer Science, 2020.

J. Shanthi, D. G. N. Rani, and S. Rajaram, “A C4.5 decision tree classifier based floorplanning algorithm for System-on-Chip design,” Microelectronics J, vol. 121, p. 105361, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.mejo.2022.105361.

R. Benkercha and S. Moulahoum, “Fault detection and diagnosis based on C4.5 decision tree algorithm for grid connected PV system,” Solar Energy, vol. 173, no. April, pp. 610–634, 2018, doi: 10.1016/j.solener.2018.07.089.

H. Huang, H. Wang, and M. Sun, “Incomplete data classification with view-based decision tree,” Applied Soft Computing Journal, vol. 94, p. 106437, 2020, doi: 10.1016/j.asoc.2020.106437.

S. Oktavia Kunang et al., “PENERAPAN METODE 360 DERAJAT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM SISTEM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT FADILAH PRABUMULIH).”

C. L. Cormack, E. Jensen, C. O. Durham, G. Smith, and B. Dumas, “The 360-degree evaluation model: A method for assessing competency in graduate nursing students. A pilot research study,” Nurse Educ Today, vol. 64, pp. 132–137, May 2018, doi: 10.1016/j.nedt.2018.01.027.

R. Susanto and A. D. Andriana, “ANALISIS METODE 360 DERAJAT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.”

R. Meghdad, R. Nayereh, S. Zahra, Z. Houriye, and N. Reza, “Assessment of the performance of nurses based on the 360-degree model and fuzzy multi-criteria decision-making method (FMCDM) and selecting qualified nurses,” Heliyon, vol. 6, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e03257.

community colleges of colorado Colorado, “Developing an Information System Master Plan,” Health Data Processing, pp. 295–297, 2018, doi: 10.1016/b978-1-78548-287-8.50034-1.

N. S. Madonsela, “Integration of the Management Information System for Competitive Positioning,” Procedia Manuf, vol. 43, pp. 375–382, 2020, doi: 10.1016/j.promfg.2020.02.176.

W. DU, J. Wu, S. Liu, and R. A. Hackney, “Effective Organizational Improvisation in Information Systems Development: Insights from the Tencent Messaging System Development,” Information & Management, 2018, doi: 10.1016/j.im.2018.10.003.

I. Otaduy and O. Diaz, “User acceptance testing for Agile-developed web-based applications: Empowering customers through wikis and mind maps,” Journal of Systems and Software, vol. 133, pp. 212–229, Nov. 2017, doi: 10.1016/j.jss.2017.01.002.

A. Setiyadi, E. Novieastari, and D. Gayatri, “Evaluation of electronic pressure injury alarm prototype based on user acceptance testing at hospital acquired pressure injury,” Enferm Clin, vol. 31, pp. S432–S435, Apr. 2021, doi: 10.1016/j.enfcli.2020.09.040.

D. Mishra and P. Kulkarni, “A survey of memory management techniques in virtualized systems,” Comput Sci Rev, vol. 29, pp. 56–73, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i1.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mugia Rochmat Asyhari, Franciskus Antonius Alijoyo, Dwi Vernanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter