Perancangan Web Geographic Information System (WebGIS) Kehutanan Pada Wilayah Sukabumi

Dinda Tsania Fatimatuzahra, Somantri Somantri

Abstract


Perkembangan dunia ilmu teknologi informasi menciptakan keunggulan kompetitif dalam berbagai bidang. Perkembangan ini didukung oleh industri perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang terus berkembang dimasa kini ,yakni dengan kemudahan pengaksesan dan pemrosesan informasi yang cepat, akurat, dan efisien melalui sebuah sistem informasi. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi dimasa kini yaitu WebGIS. Dinas Kehutanan merupakan salah satu institusi pemerintahan lingkup pemerintah daerah provinsi yang membutuhkan sebuah sistem informasi yang tidak hanya berbasis non spasial saja akan tetapi kini data spasial dibutuhkan untuk membuat sebuah perencanaan hutan, iventarisasi sumber daya hutan, pengelolaan hutan serta monitoring dan evaluasi kegitan dimana hal tersebut membutuhkan informasi berbasis keruangan. sistem informasi secara digital dibutuhkan pada instansi ini seiring dengan tuntutan zaman yang serba digital membuat pegawai dari dalam intansi maupun masyarakat luar kini membutuhkan data dan informasi yang bersifat digital karena dalam hal aksesibiltasnya mudah bisa dilihat dan didapatkan dimana saja,dinas kehutanan wilayah III yang terdapat di Kota/Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah yang memiliki potensi hutan terbesar pertama se-Jawa Barat yang memiliki wilayah administratif dan potensi hutan yang besar, dimana data keruangan dibutuhkan untuk memenuhi salah satu sebab diatas. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah sistem informasi yang dapat menyediakan informasi dan layanan tentang kehutanan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan baik untuk cabang dinas maupun masyarakat, sehingga dapat membuka peluang untuk memanfaatkan potensi hutan, melestarikan hutan dan menyediakan berbagai layanan informasi yang berguna guna untuk mempermudah pekerjaan.Sebuah layanan berbasis web akan lebih mudah digunakan untuk perancangan sistem ini. Untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini memerlukan beberapa langkah agar dapat  diketahui berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan, antara lain tinjauan pustaka serta wawancara. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem dalam perancangan WebGIS ini menggunakan metode pengembangan waterfall.implementasi hasil perancangan sistem menggunakan komputer stand alone yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem informasi geografis berbasis web (WebGIS) yang telah di buat telah dapat menampilkan informasi secara spasial dan informasi yang ditampilkan sesuai titik koordinat seta data non spasial sudah sesuai dengan data yang didapat dan semua menu dalam sistem dapat berjalan dengan baik melalui uji coba.Proses pengolahan data yang digantikan menggunakan komputerisasi ternyata dapat membantu aksesibilitas data dan informasi secara mudah, cepat dan dapat dilakukan dimana saja baik oleh pengguna dalam instansi maupun lapisan masyarakat yang membutuhkan data informasi kehutanan khususnya pada wilayah Sukabumi.

Full Text:

PDF

References


L. Dorothy, K. Iman Satoto, dan O. Dwi Nurhayati, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNDIP,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 2, 2014.

U. F. Kurniawati dkk., “Pengolahan Data Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Kebutuhan Penyusunan Profil di Kecamatan Sukolilo,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat-DRPM ITS, vol. 4, no. 3, 2020.

A. G. Sulaksono, “Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pemetaan SMK Kota Malang,” Journal of Information Technology and Computer Science, 2017.

A. Ramlan, R. M. Harahap, dan B. Purnawan, “PEMBUATAN WEBGIS KABUPATEN CIANJUR MENGGUNAKAN GEOSERVER”.

T. R. Wahyuningrum, Dasar - Dasar Geospasial, vol. 1. 2022. [Daring]. Available: https://buku.kemdikbud.go.id

Ariandi M dan Agustini PE, “DATA SPASIALDAN NONSPASIAL PENYEBARAN PENDUDUK DI KECAMATAN RAMBUTAN,” 2016.

L. Kamelia dan M. Veranita, “ANALISIS IMPLEMENTASI.GOOD GOVERNANCE DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG BERKUALITAS DI KECAMATAN CIATER KABUPATEN SUBANG,” 2022.

I. R. Munthe, E. W. Wardana, dan G. J. Yanris, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN HUTAN PADA KABUPATEN LABUHAN-BATU,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 6, no. 2, hlm. 77–82, Jul 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i2.1717.

Amnah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Penyebaran Lokasi Hutan Lindung Pada Provinsi Lampung,” Jurnal TIM Darmajaya, vol. 02, hlm. 63, 2016.

Rosmayanti Ratna, Kabupaten Sukabumi Dalam Angka 2021. 2021.

E. Kustiawan, Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat 2018-2023. 2020.

Hamdi, Usman, dan Samsudin, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TAMAN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR BERBASIS WEB,” Jurnal SISTEMASI, vol. 7, no. 2, hlm. 78–86, 2018.

A. Purbiantoro, “Portal Penyewaan Peralatan Pernikahan Berbasis Web,” Universitas Muria Kudus, Kudus, 2021. [Daring]. Available: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14698

N. A. Ramdhan dan D. A. Nufriana, “RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI SKRIPSI ONLINE BERBASIS WEB,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 01, hlm. 1–12, 2019.

A. Fitri Nuraeni, D. S. Anwar, dan R. Lamrany, “Konferensi Nasional Sistem & Informatika,” STMIK STIKOM, 2017.

E. Sugandi dan Y. Rahayu, “Petunjuk Teknis Penggambaran dan Penyajian Peta Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” 2017.

S. Rahayu, T. D. Hendrawati, dan M. S. S. Rosyidi, “Aplikasi Potensi Wilayah Kabupaten Sukabumi Berbasis Website dan Mobile,” JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), vol. 4, no. 2, hlm. 303, Des 2019, doi: 10.31544/jtera.v4.i2.2019.303-312.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Tsania Fatimatuzahra, Somantri Somantri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter