Perancangan Sistem Informasi Penjualan Ayam Negri Berbasis Aplikasi Android Di Cv.Suyadi Broiler

Muhamad Fauzi, Hari Murti

Abstract


Peternak Ayam suyadi broiler adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang penjualan ayam broiler, Peternak Ayam Bapak Suyadi merupakan tempat pemotongan sekaligus juga peternakan ayam broiler yang sudah berdiri sejak 2013 dan beralamat di Jl.Nglaran Rt 004/011, Ngalang Gedangsari, Gunungkidul yogyakarta. Selama ini dalam melakukan pendataan penjualan dan pembayaran masih dilakukaan secara manual hanya menggunakan nota pembelian saja untuk orderan dari pembelian skala besar, sedangkan untuk pembeli eceran skala kecil tidak menggunakan nota. Beberapa kesulitan yang dihadapi adalah kesulitan dalam melakukan pengecekan stok ayam hanya mengira-ngira bobot ayam yang kiranya akan diorder, dan juga rekap pembayaran yang masih ditulis dalam buku nota menjadikan banyaknya permasalahan dalam penjumlahannya yang terkadang tidak sesuai. Untuk membantu proses pendataan dan pelaporan hasil penjualan dibutuhkan suatu sistem, maka dibuatlah aplikasi penjualan dan pendataan hasil penjualan ayam broiler berbasis android. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan android studio dan menggunakan metode pengembangan sistem waterfaall sedangkan dalam pembuatan database dengan menggunakan MySQL. Dalam mengimplementasikannya dengan beberapa sourcode yang menjadikan suatu program sistem informasi penjualan dapat mempermudah pelanggan mengakses sistem yang telah dibuat adapun dengan metode waterfaall dapat mempermudah melakukan suatu perancangansistem dan menggunakan database sebagai tempat/wadah untuk menampung data user maupun data pengolahan. Dalam melakukan penelitian ini dapat dilihat dengan hasil aplikasi penjualan dan pendataan penjualan ayam yang terdapat beberapa fitur yaitu yang pertama ada order yang dapat memesan secara online yang nantinya akan diproses sistem akan mengirimkan notifikasi ke kurir kemudian kurir nantinya akan mengirimkan pesanan kita adapuan memesan secara langsung, yang kedua ada pembayaran yang menggunakan fitur pembayaran langsung, melalui payment, dan menggunakan transfer bank/virtual account, dan yang ketiga terdapat fitur kurir untuk mengantarkan orderan dari pemesanan secara online melalui aplikasi, sistem ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna maupun dari pemilik peternakan yang disebut juga dengan user admin dalam aplikasi. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menunjang kinerja pada penjualan bapak suyadi, memudahkan mengelola data pembelian dan penjualan.

Kata kunci : Peternakan Suyadi Broiler, Sistem penjualan, Aplikasi Android, MySQL, Waterfall


Full Text:

PDF

References


Renwarin, Fransiskus Kelvin. "PENGEMBANGAN USAHA PETERNAK MITRA AYAM BROILER MELALUI KEGIATAN SEKOLAH LAPANG DI DESA MULYOSARI KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR." PATTIMURA MENGABDI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1.1 (2021): 35-42.

Sumboro, Budhi, Paryanta Paryanta, and Devito Surya Wicaksana. "Sistem Informasi Penjualan Ayam Potong pada Peternakan Ayam Surya Putra Broiler." Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB 24.2 (2018): 115-123. [3] Putri, Mega Amelia, Nila Sari Putri, and Yuliandri Yuliandri. "Pendapatan Peternak Ayam Broiler Dengan Pola Kemitraan di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota." JURNAL AGRIBISNIS 10.2 (2021): 122-130.

Rahman , S. (2017, September 22). Mengenal apa itu PHP (Hypertext PreProcessor). Retrieved from www.devaradise.com: https://www.devaradise.com/id/2014/06/mengenal-apa-itu-php- hypertext-preprocessor.html

Muslihudin,M.AnalisisdanPerancanganSistemInformasiMenggunakanModelTerstrukturdan UML. Penerbit CV. ANDI OFFSET. Yogyakarta.2016.

Suharyanto, C. E., Chandra, J. E., & Gunawan, F. E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Terintegrasi Berbasis Web (Studi Kasus di Rumah Sakit St. Elisabeth). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.225-232

OJK, 2016. Pasar Modal, Otoritas JasaKeuangan.

J. HUTAHAEAN. 2017, Konsep SistemInformasi.

A AZIS - JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 2021 - jurnal aplikasi “ayamku” untuk pendataan dan pelaporan hasil penjualan ayam potong berbasis android, [10] Mastan, Ignatius Adrian. "PERANCANGAN WEBSITE APLIKASI PENJUALAN RESTORAN AYAM KEPRABON." JBASE-Journal of Business and Audit Information Systems 2.2 (2019).

N. Norhikmah, A. R. Safitri, and L. A. Sholikhan. 2016, Penggunaan Qr Code Dalam Presensi Berbasis Android, SemnasteknomediaOnline.

A. Bewley, Z. Ge, L. Ott, F. Ramos, and B. Upcroft. 2016, Simple Online and Realtime Tracking, in Proceedings - International Conference on Image Processing,ICIP

S. S. D. Damayati, Dwi Santy; Basri. 2017, Analisis Risiko Paparan Hidrogen Sulfida (H2S) pada Peternak Ayam Broiler di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Tahun 2016, Hig. J. Kesehat.Lingkung.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhamad Fauzi, Hari Murti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter