Mobile Apps Design to Find Internship Place Using Design Thinking Method

Hanan Afif Ramadhan, Gita Fadila Fitriana

Abstract


Magang menjadi kegiatan wajib sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Namun dengan banyaknya media pencari tempat kerja untuk magang dalam penerapannya, mahasiswa masih kesulitan mencari tempat magang yang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Design Thinking dan System Usability Scale untuk merancang tampilan antarmuka aplikasi untuk mencari tempat magang. Tinjauan pustaka digunakan untuk menemukan dasar penelitian yang digunakan sebagai teori, konsep dasar, dan metode. Design Thinking dilakukan untuk menemukan suatu permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Validasi masalah dilakukan dengan melakukan survei. Dan memprioritaskan masalah menggunakan matriks tantangan. Prototipe dilakukan dengan membuat desain  yang dapat dicoba oleh pengguna untuk mencapai tujuan dari desain yang dibuat dan menguji tingkat keberhasilan menggunakan skala system usability scale. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan antarmuka aplikasi mobile yang diuji menggunakan skala system usability scale dengan 8 data uji dan memiliki tingkat keberhasilan dengan nilai 93,75%. Perancangan antarmuka yang dibuat dapat membantu mahasiswa menemukan tempat magang yang paling sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.


Full Text:

PDF

References


M. K. Bakhtiar and A. R. Muslikh, “Aplikasi Pencarian Perusahaan Dan Evaluasi Kinerja Peserta Magang Untuk Kandidat Promosi Pekerjaan Menggunakan Metode Profile Matching,” Seminar Nasional Sistem Informasi, no. September, 2019.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Buku Panduan Institusi Institut Teknologi Telkom Purwokerto. 2017.

I. Ismail, H. Hasan, and M. Musdalifah, “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan,” Edumaspul - Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, 2018, doi: 10.33487/edumaspul.v2i1.48.

Undang Undang Republik Indonesia, Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 2003.

S. Samidjo, “EFEKTIFITAS PELAKSANAAN MAGANG INDUSTRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN,” TAMAN VOKASI, vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.30738/jtvok.v5i2.2528.

A. M. Schnoes et al., “Internship Experiences Contribute to Confident Career Decision Making for Doctoral Students in the Life Sciences,” CBE life sciences education, vol. 17, no. 1, 2018, doi: 10.1187/cbe.17-08-0164.

F. Seyitoğlu, “Gastronomy students’ internship experience: benefits, challenges, and future career,” Journal of Teaching in Travel and Tourism, vol. 19, no. 4, 2019, doi: 10.1080/15313220.2019.1566044.

S. M. Zehr and R. Korte, “Student internship experiences: learning about the workplace,” Education and Training, vol. 62, no. 3, 2020, doi: 10.1108/ET-11-2018-0236.

B. S. Baert, B. Neyt, T. Siedler, I. Tobback, and D. Verhaest, “Student internships and employment opportunities after graduation: A field experiment,” Economics of Education Review, vol. 83, 2021, doi: 10.1016/j.econedurev.2021.102141.

T. ling Chen, C. cheng Shen, and M. Gosling, “Does employability increase with internship satisfaction? Enhanced employability and internship satisfaction in a hospitality program,” Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, vol. 22, 2018, doi: 10.1016/j.jhlste.2018.04.001.

J. Liedtka, “Why Design Thinking Works,” Harvard Business Review, vol. 2018, no. September-October. 2018.

L. Waidelich, A. Richter, B. Kolmel, and R. Bulander, “Design Thinking Process Model Review,” 2018. doi: 10.1109/ICE.2018.8436281.

A. Schönhals, T. Hepp, and B. Gipp, “Design Thinking Using the Blockchain: Enable Traceability of Intellectual Property in Problem-Solving Processes for Open Innovation,” Proceedings of the 1st Workshop on Cryptocurrencies and Blockchains for Distributed Systems, 2018.

M. Pande and S. V. Bharathi, “Theoretical foundations of design thinking – A constructivism learning approach to design thinking,” Thinking Skills and Creativity, vol. 36, 2020, doi: 10.1016/j.tsc.2020.100637.

M. Lynch, U. Kamovich, K. K. Longva, and M. Steinert, “Combining technology and entrepreneurial education through design thinking: Students’ reflections on the learning process,” Technological Forecasting and Social Change, vol. 164, 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2019.06.015.

J. R. Lewis, “The System Usability Scale: Past, Present, and Future,” International Journal of Human-Computer Interaction, vol. 34, no. 7, 2018, doi: 10.1080/10447318.2018.1455307.

A. Revythi and N. Tselios, “Extension of technology acceptance model by using system usability scale to assess behavioral intention to use e-learning,” Education and Information Technologies, vol. 24, no. 4, 2019, doi: 10.1007/s10639-019-09869-4.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gita Fadila Fitriana, Hanan Afif Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter