Rancang Bangun Iklan Web Banner Clothing Menggunakan Google Web Designer Pendekatan Metode Design Sprint

Fajri Rahma Pratiwi, Anung Rachman

Abstract


Abstrak−Internet dapat digunakan sebagai media untuk melakukan bisnis dengan membangun sebuah website yang mempermudah dalam strategi promosi dan informasi produk. Tidak dapat disangkal bahwa tampilan sebuah situs web yang menarik dan mudah untuk digunakan akan lebih banyak dikunjungi orang. Agar tujuan akhir dari situs web tersebut dapat tercapai yaitu produk dapat dilirik oleh masyarakat luas melalui iklan web yang akan dirancang. merupakan ringkasan singkat dari makalah untuk membantu pembaca cepat memastikan tujuan penelitian dan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Spanduk web adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan Internet. Bentuk iklan menarik perhatian ke penjelajah supaya tertarik mengunjungi situs web yang dimaksud. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), skrip java dan objek multimedia lainnya. Spanduk modern bahkan sudah disertai penemuan suara dan animasi sehingga terlihat lebih menarik. Ada berbagai ukuran yang dipakai pada iklan mulai dari yang sangat kecil, melebar, memanjang hingga ada yang melintang. Y.S.I.Y (Your Smile Is Yours) usaha berbasis clothing yang dibuat pada tahun 2020 Semua artikel yang dibuat memiliki arti dan tujuan untuk lebih menyayangi diri sendiri dengan ilustrasi beraliran Pop Art. Pangsa pasar yang dituju adalah pegiat seni jalanan, olahraga jalanan dikalangan anak muda seperti Skateboard hingga komunitas sepeda BMX. Menggunakan sablon kualitas plastisol premium dan kaos kualitas cotton combed 30s. Rancang bangun iklan web banner pada penelitian yang sedang dirancang ini menggunakan pendekatan metode design sprint. . Pada metode design sprint dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu design sprint planning dan design sprint phases and methods. Setiap bagian utama design sprint dapat dicabangkan kembali ke dalam langkah atau tahapan yang terstruktur. Metode design sprint merupakan metode yang tepat karena merancang ulang desain ini berfokus agar pengguna mengetahui semua fitur yang bisa lebih memanjakan pengguna, dengan kata lain, metode design sprint merupakan metode yang sangat komunikatif dan juga interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, kreativitas, hingga masalah yang ada, solusi kemudia diwujudkan ke dalam prototype dan harus divalidasi ke calon pengguna atau target pengguna yang telah ditentukan.

Kata Kunci: Rancang bangun, Iklan, Pakaian, Promosi, Situs web

Abstract− Internet can be used as a medium to do business by building a website that makes it easier to promote strategies and product information. There is no denying that the appearance of a website that is attractive and easy to use will attract more people to visit. So that the ultimate goal of the website can be achieved, namely the product can be glimpsed by the wider community through a web ad that will be designed. b is a short summary of the paper to help the reader quickly determine the research objectives and according to research needs. A web banner is a form of advertising used on the Internet. This form of advertising attracts the attention of explorers to visit the website in question. These banners are usually created using image formats (JPG, GIF, PNG), java scripts and other multimedia objects. Modern banners are even accompanied by sounds and animations so they look more attractive. There are various sizes used, ranging from very small, wide, elongated to some transverse. Y.S.I.Y (Your Smile Is Yours) clothing-based business created in 2020 All articles made have meaning and purpose to love yourself more with Pop Art style illustrations. The target market is street art activists, street sports among young people such as skateboarding to the BMX bicycle community. Using premium quality plastisol screen printing and cotton combed 30s quality t-shirts. The design of the web banner ad in this research that is being designed uses the design sprint method approach. . The design sprint method is divided into 2 (two) parts, namely design sprint planning and design sprint phases and methods. Each major part of the design sprint can be branched back into structured steps or stages. The design sprint method is the right method because redesigning this design focuses on letting users know all the features that can pamper the user more, in other words, the design sprint method is a very communicative and interactive method to bring out all ideas, inspiration, creativity, to problems. the existing solution, the solution is then realized into a prototype and must be validated to potential users or predetermined target users.

Keywords: Plan, Advertising, Clothing, Promotion, Website


Full Text:

PDF

References


V. M. M. Siregar, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk,” TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, no. 1, pp. 15–21, 2018.

A. H. B. M. S. Nurmana and T. A. Wibowo, “DESAIN SITUS WEB SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA ESSY ’ S BROWNIES SEMARANG,” vol. 12, no. 2, pp. 1–12, 2018.

P. Diploma, I. I. I. Jurusan, D. Komunikasi, F. Seni, R. Dan, and U. S. Maret, “PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CLOTHING RACING SPEEDLINE,” 2018.

O. Zedadra et al., “Analisis Tingkat Penjualan Sablon Kaos Ditinjau dari Kualitas Pelayanan dan kualitas Produk pada CV. Rockaballer Tahun 2017/2018” Sustain., vol. 11, no. 1, pp. 1–14, 2019,

A. Putra, Y. Tama, F. I. Kreatif, and U. Telkom, “PERANCANGAN VISUAL WEBSITE E-COMMERCE USE CLOTHING SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI , INFORMASI DAN PROMOSI,” pp. 1–8.

T. Akhir, “PERANCANGAN ULANG DESAIN APLIKASI ‘ TEMAN BUMIL ’ DENGAN METODE DESAIN SPRINT ( STUDI KASUS PT . GLOBAL URBAN ESENSIAL ),” 2020.

A. Prasetyo, H. M. Az-zahra, and A. H. Brata, “Perancangan Aplikasi Bimbingan Skripsi Berbasis Mobile dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint ( Studi Kasus Bimbingan Skripsi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5808–5816, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5581/2633/.

Pratama, “Analisis dan Perancangan User Interface/User Experience dengan Metode Google Design Sprint dan A/B Testing Pada Website Startup Qtaaruf ” Director, vol. 15, no. 40, pp. 6–13, 2018, [9] I. Yuniva and D. Hestiyanto, “Vol 4 No 1 – Februari 2018,” vol. 4, no. 1, pp. 24–33, 2018.

M. Sukarsa and G. M. Rupayana, “Rancang Bangun Web Iklan Berbasis Mobile,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, 2012, doi: 10.24843/LKJITI.

A. S. Patria and N. Kristiana, “Pengembangan Desain Sablon Kaos Berbasis Seni Budaya Nusantara,” 2018, doi: 10.31219/osf.io/u38eh.

R. D. Indahsari and A. Sugiarto, “Perancangan Media Promosi pada Smile Island Digital Printing Menggunakan Website,” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 1, no. 1, p. 44, 2017, doi: 10.32815/jeskovsia.v1i1.310.

A. Rahman, H. Aryanto, and A. Christianna, “Perancangan Media Promosi Produk Fashion dari Pengelolaan Limbah Fashion,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 14, p. 8, 2019, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8632/7792.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajri Rahma Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter