EDUCATION DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK BELAJAR UJIAN NASIONAL DI SMK

Ninik Tri Hartanti

Abstract


Pengayaan materi untuk materi ajar merupakan salah satu persiapan siswa untuk menempuh ujian nasional. SMK Syubbanul Wathon Magelang dalam menerapkan langkah ini hanya dengan melihat nilai rapor  semester 1 sampai dengan semester 5, sehingga proses pengelompokan kemampuan siswa untuk pengayaan materi ajar di SMK SW masih belum maksimal. Oleh karena itu,untuk menambah keakuratan data maka diperlukan data nilai tambahan yaitu berupa tes tulis sesuai dengan kemampuan siswa.

 Metode K-means clustering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Data yang digunakan untuk pengelompokan kemampuan siswa ini adalah data rapor semester 1 sampai dengan semester 5 dan nilai tes tulis, sehingga akan terbentuk kelompok belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa,.

 Penelitian ini menghasilkan proses K-Means sebanyak 6 kali, dan jumlah siswa untuk kelompok IND cluster 1 terdapat 24 siswa, cluster 2 terdapat 43 siswa, dan cluster 3 terdapat 44 siswa, dan untuk  kelompok ING cluster 1 terdapat 131 siswa, cluster 2 dan cluster 3 tidak ada siswa, kelompok MAT cluster 1 terdapat 7 siswa, cluster 2 terdapat 114 siswa, dan cluster 3 tidak ada siswa, kelompok MM cluster 1 dan cluster 3 tidak ada siswa, tetapi cluster 2 terdapat 120 siswa, kelompok PAI cluster 1 terdapat 31 siswa, cluster 2 terdapat 36 siswa, dan cluster 3 terdapat 21 siswa, kelompok PPKN cluster 1 dan cluster 2 tidak ada siswa, tetapi cluster 3 terdapat 100 siswa, selanjutnya kelompok KKPI cluster 1 terdapat 30 siswa, cluster 2 terdapat 50 siswa, dan cluster 3 terdapat 42 siswa.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ninik Tri Hartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter