Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan

Ari Sulistiyawati, Eko Supriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi berbasis web untuk mengelola data penilaian yang terpusat dalam menyajikan laporan hasil belajar siswa danpengelompokan siswa pada kelas unggulan dengan mengimplementasikan algoritma K-means Clustring. Penerapan algoritma K-Means dengan mempartisi data ke dalam data dalam bentuk satu atau lebih kelompok, dimana data yang memiliki reprensentative persamaan dalam satu kelompok dan data yang memiliki perbedaan kelompok yang lain. Pengelompokan data dalam satuan pendidikan dilakukan untuk memudahkan fasilitasi pendidikan siswa berdasarkan perbedaan kemampuannya dalam belajar dan mengikuti pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan sistem mengikuti alur Systems development life cycle (SDLC)dengan model sekuensiallinier(sequentiallinear) atau alur hidup klasik(classiclifecycle). Tahap penelitian meliputi Analisis, Desain, Pengodean dan Pengujian sistem. Sistem yang dikembangkan diimplementasikan pada salah satu sekolah di Lampung untuk mengelompokkan siswa pada kelas unggulan dengan jumlah anggota keseluruhan sebanyak 6 kelas VII dengan jumlah total 192 siswa pada tahun pelajaran 2020. Hasil Penelitian didapat aplikasi pengelolaan data penilaian yang terpusat dalam menyajikan laporan hasil belajar siswa menggunakan hasil nilai rapor kurikulum 2013. Penilaian tersebut menjadi dasar atribut yang digunakan dalam proses perhitungan untuk menetukan siswa kelas unggulan.HasilklarifikasiKelas unggulan dibutuhkan suatuimplementasi systeminformasiterbentuk2cluster setiapkelas. Setiapklasteriasiperputaran pada masing-masing kelas kemudian dihasilkanjumlah siswa masukkelasunggulansebanyak96dansiswa tidakmasukkelas unggulan sebanyak 96. Penerapansisteminformasiklastrisasiberbasiswebdihasilkan informasiyang lebihfleksibeldapatdiaksessecaraglobalpihak instansi.Pengujianblack-box Testinglebihberfokusdenganpengujian fungsional menunjukkan perangkat lunak dapat berfungsi baik dalam mengelompokkan data. Pengujian penerimaanuser terhadappengembangansisteminformasimenggukan technologi Acceptance Model (TAM) menunjukkan aplikasi yang dibangun memberikan kemudahan dan tepat guna untuk diimplementasikan dalam mengelompokkan siswa kelas unggulan di sekolah. Denganmembangunatauimplementasikedalamsysteminformasi algoritma k-means clustering hasil klasrifikasi klasterisasi sehinggaefektifdanprosessetiapiterasiperputaranjarakcentroid, penetuan titik clusterdibantuk, dan lebih menghemat waktu melakukanklasterisasikelas unggulan.


Full Text:

PDF

References


Widodo. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.2013.

Prasetyo, Eko, DATA MINING - Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB, Nikodemus, Ed. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit ANDI, 2012.

Teguh Wibowo, Penerapan Data Mining Pemilihan Siswa Kelas Unggulan dengan Metode K-Means Clustering di SMP N 02 Tasikmadu, Program Studi Strata I pada Jurusan Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika. 2018.

Himmah, Nofrida Rif’atul. Implementasi Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Nilai Akademik (Studi Kasus Mtsn Gresik). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. 2019.

Aniek Suryanti Kusuma, 2019. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI) Vol.1, No.3. Sistem Informasi Akademik Serta Penentuan Kelas Unggulan Dengan Algoritama K-Means di SMP Negeri 3 Ubud, 2 Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM, Bali, Indonesia.

A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan. Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. 2014.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ari Sulistiyawati, Eko Supriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter