Penjadwalan Agenda Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Online Menggunakan Google Calendar

Untung Raharja, Ninda Lutfiani, Wahyu Setya Wardana

Abstract


Majunya perkembangan teknologi yang berjalan saat ini berdampak cukup besar dengan kehidupan manusia sehari-hari. Tidak terkecuali pada bidang pendidikan.  Saat ini banyak sekali perubahan perubahan yang ditunjang oleh berbagai teknologi baru. Banyak pula penunjang untuk mempermudah kegiatan pendidikan. Salah satunya yaitu kalender. Tidak hanya digunakan untuk melihat tanggal bulan dan tahun, kalender ternyata memiliki berbagai fungsi lainnya. Yaitu salah satunya berfungsi sebagai pengingat atau reminder. Selain itu bisa digunakan untuk membuat note atau catatan pada hari tersebut. Dari berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang kita akan dan sedang dilakukan dapat di buat kan catatan dan pengingat dari setiap kegiatan tersebut. Setiap jadwal atau reminder yang sudah dibuat dapat juga menampilkan notifikasi pengingatnya. Penggunaan google calendar pun dapat digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari murid Sekolah sampai Orang Tua sekali pun baik personal maupun kelompok atau organisasi. Penggunaanya juga terbilang mudah karena user interface nya yang userfriendly.

Kata kunci: Agenda Online Tridharma Google Calendar, Tridharma, Google Calendar.


Full Text:

PDF

References


Rahardja, U., Tiara, K., & Wijaya, R. I. T. (2014). Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal CCIT, 8(1).

Handayani, I., Aini, Q., & Oktavyanti, Y. (2015). Penggunaan RinfoCal Sebagai Aplikasi Pengingat (Reminder) Kegiatan Akademik Pada Perguruan Tinggi. CCIT Journal, 9(1), 13-26.

Mukhtar, M., Mustika, I. W., & Setiawan, N. A. (2017, January). Perancangan Sistem Penjadwalan untuk Manajemen Penggunaan Ruangan Berbasis Google Calendar. In Prosiding Seminar Nasional ReTII.

Ferdiansyah, Y., Susilo, B., & Andreswari, D. (2014). PEMANFAATAN GOOGLE CALENDAR SEBAGAI SMS ALERT DALAM SISTEM MONITORING JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus: Jaringan Komputer Universitas Bengkulu) (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Ramadhan, T., & Utomo, V. G. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN, 2087-0868.

Barovih, G. (2016). Desain Sistem Informasi Penjadwalan Laboratorium Terbuka (Studi Kasus: Laboratorium Terbuka STMIK Palcomtech). SISFOTENIKA, 6(1).

Handayani, I., Kusumahati, H., & Badriah, A. N. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 7(2), 177-186.

Suryati, P., & Kurniawati, D. (2016). APLIKASI PENJADWALAN KOAS DENGAN METODE BRANCH AND BOUND. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter