Penerapan String Matching Dengan Algoritma Boyer Moore Pada Aplikasi Font Italic Untuk Deteksi Kata Asing

Rohmat Indra Borman

Abstract


Dalam karya ilmiah penulisan untuk kata asing, seperti kata berbahasa inggris, berbahasa yunani dan bahasa lainya dibuat dengan memiringkan kata tersebut. Aplikasi pengolah kata yang biasanya digunakan adalah Microsoft Office Word. Untuk memiringkan kata asing pada Microsoft Office Word menggunakan salah satu tools yang ada di toolbar Microsoft Office Word yaitu italic. Algoritma boyer moore merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk melakukan pencocokan string (string matching). Algoritma ini merupakan jenis exact string matching algorithm yang melakukan pencocokan string secara tepat dengan susunan karakter dalam string yang dicocokkan memiliki jumlah maupun urutan karakter dalam string yang sama. Cara kerja algoritma ini adalah dengan melakukan pencocokan dari kanan ke kiri yaitu men­-scan karakter pattern dari kanan ke kiri dimulai dari karakter paling kanan. Penerapan algoritma boyer moore pada aplikasi font italic, akan mencari semua kemungkinan kata asing di dalam dokumen microsoft office word dengan yang ada di database aplikasi untuk membuat otomatis tercetak miring.

Kata kunci: Aplikasi, font italic, katas asing, algoritma, string matching, boyer moore, exact string matching.

Full Text:

PDF

References


Charras, Christian., Lecroq, Thierry., Handbook of Exact String-Matching Algotithms. Oxford Unifersity Press, 1997.

Effendi, Diana., Kurnaedi, Andri. Pengembangan Algoritma Boyer Moore pada Translator Bahasa Pemrograman, FTIK, Universitas Komputer Indonesia, 2012.

Minandar, Arie., Tanoto, Andri., Tanadi, Davis. Aplikasi Algoritma Pencarian String Boyer-Moore Pada Pencocokan DNA. Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi

Sagita, Vina., Irmina, Maria. Studi Perbandingan Implementasi Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore dan Tuned Boyer-Moore dalam Pencarian String. Jurusan Teknik Informatika, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, 2013.

Saragih, May Aprina. 2013. Implementasi Algoritma Brute Force dalam Pencocokan Teks Font Italic untuk Kata Berbahasa Inggris pada Dokumen Microsoft Word. Jurusan Teknik Informatika, STIMIK Budidarma Medan




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v10i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rohmat Indra Borman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter