Smart Kandang Ayam Petelur Berbasis Internet of Things untuk Mendukung SDGS 2030 (Sustainable Development Goals)

Kurniawan Gigih Lutfi Umam

Abstract


Protein merupakan salah satu sumber gizi yang sangat sangat penting bagi manusia. Salah satu sumber protein hewani dapat diperoleh dari telur. Pada peternakan ayam petelur, yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu pendirian kandang yang jauh dari pemukiman, tapi dekat dengan sumber pakan, air, dan pemasaran.

Selain itu yang perlu diperhatikan yaitu mengenai struktur atau desain kandang, bahan kandang yang dipakai, memperhatikan sanitasi,  sirkulasi udara, suhu pada kandang, kapasitas yang baik untuk jumlah ternak yang dihuni didalamnya. Untuk membantu terwujudnya SDG’s dalam penyediaan pangan sumber protein hewani asal ternak maka dibuatlah sebuah inovasi baru di bidang peternakan ayam petelur untuk membantu peningkatan produktifitas hasil peternakan yang lebih baik. Dengan teknologi Internet of Things yang dapat membantu peternak  dan mampu membantu melakukan inovasi dalam proses beterbak yang lebih baik untuk mempertahankan dan meningkatkan produktifitas telur pada peternakan di Indonesia. kandang ini memiliki kelebihan yaitu mampu memberikan makan secara otomatis, mengontrol volume air minum, mengontrol suhu kandang, mengontrol pencahayaan dan melakukan penyemprotan desinfeksi secara otomatis dengan menggunakan smartphone.

Dengan adanya teknologi ini diharapkan mampu menjadi inovasi dan strategi baru untuk memecahkan permasalahan di dunia peternakan khususnya dalam penyediaan pangan sumber protein hewani asal ternak (Telur) dan dapat membantu terwujudnya SDG’s 2030.

Kata kunci: SDG’s 2030, Internet of Things, Ternak, Ayam Petelur, Protein,Telur, Protein Hewani, Gizi, Mengontrol


Full Text:

PDF

References


Marginingtyas, E, Mahmudy, WF & Indriati 2015, 'Penentuan komposisi pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam petelur dengan biaya minimum menggunakan algoritma genetika', DORO: Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, vol. 5, no. 12.

Populasi dan Produksi Peternakan di Indonesia. http://www.pertanian.go.id/

Indikator/tabel-4-pop-prod-nak.pdf (diakses Tanggal 30 Maret 2017 Pukul 17.00 WIB)

Populasi Ayam Ras Petelur menurut Provinsi, 2009-2016. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1031 (Diakses Tanggal 29 Maret 2017 Pukul 11.00 WIB).

Dahlan,Mufid & Hudi,Nur, Juni 2011, ‘Studi Manajemen Perkandangan Ayam Broiler di Dusun Wangket Desa Kaliwates Kecematan Kembangahu Kabupaten Lamongan’, Jurnal Ternak, Vol. 02, No. 01.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 31/Permentan/OT.140/2/2015. http://perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan%20No.31%20Tahun%202014%20Pedoman%20Budidaya%20Ayam%20Petelur.pdf (Diakses Tanggal 29 Maret 2017 Pukul 21.00 WIB).

Marius, Parlindungan & Anggoro, Sapto, 2016. ‘Data Statistik Pengguna Internet di Indonesia’, APJII, 2016.

Gondchawar, Nikesh & Kawitkar. R.S, June 2016, ’IoT based Smart Agriculture’, June 2016. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering. Vol.5, Issue 6.

Yurmama, TriFajar. 2009. “Perancangan Software Aplikasi Pervasive Smart Home.” Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kurniawan Gigih Lutfi Umam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter