Implementasi Teknik Steganografi Least Significant Bit (LSB) Dan Kompresi Untuk Pengamanan Data Pengiriman Surat Elektronik

Dedi Darwis

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar perlunya keamanan data pada media digital berupa metode pengolahan data yang dapat membantu mengamankan data yang bersifat rahasia, sehingga data rahasia hanya dapat dibaca oleh orang yang diinginkan dan mengantisipasi agar data tidak terbaca oleh orang yang tidak berhak. Penelitian ini menyarankan penggunaan teknik steganografi dalam keamanan data, dimana data rahasia akan disisipkan ke dalam cover image. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dua metode yaitu metode  untuk memampatkan data dan metode Least Significant Bit (LSB) sebagai metode dalam steganografi. Metode Huffman digunakan untuk memampatkan data sebelum disisipkan ke dalam cover image sehingga dapat memperkecil ukuran data yang akan disisipkan serta stego image yang dihasilkan tidak berubah secara signifikan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan stego image yang tidak berubah secara signifikan serta proses pengambilan pesan yang relatif sangat cepat sehingga dapat menjadi alternatif untuk keamanan data yang bersifat rahasia.

Kata kunci: Cover Image, Huffman, LSB, Steganografi, Stego Image.


Full Text:

PDF

References


Aryasanti, A., & Hardjianto, M. (2014). Model Pengamanan Berkas Bank Soal Dengan Metode Steganografi LSB dan Kompresi. Jurnal TICOM , II (2), 127-135.

Cahyono, T. D. (2008). Pemodelan Waterfall Dan Pengembangan Evolusioner Dalam Proses Rekayasa Sistem Perangkat Lunak. J PENGEMB. REK & TEK , 66-72.

Faradisa, I. S., & Budiono, B. F. (2011). Implementasi Meode Huffman Sebagai Teknik Kompresi Citra. Jurnal Elektro ELTEK , II (2), 176-182.

Hakim, Z., Permana, E. A., & Sidik, A. (2014). Analisis Dan Implementasi Teknik Steganografi Sebagai Fasilitas Pengamanan Proses Pengiriman File Secara Online. Jurnal Sisfotek Global , I, 18-21.

Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Komala, S., & Hardjianto, M. (2014). Model Keamanan Pesan Rahasia Pada Citra Menggunakan Metode One's Complement Cryptography Dan Least Significant Bit (LSB) Steganography di Perangkat Berbasis Android. Jurnal TICOM , II (2), 117-126.

Kristanto, A. (2003). Keamanan Data pada Jaringan Komputer. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Kurniawan, T. A. (2014). Pemanfaaatan Metode LSB Pada Citra Digital Dalam Mengaplikasikan Steganografi Sebagai Upaya Peningkatan Jaminan Keamanan Dalam Transaksi Informasi Secara Online. Jurnal TICOM , II (2), 71-79.

Rosa A.S, M. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sutoyo, T., Mulyanto, E., Suhartono, V., Nurhayati, O. D., & Wijanarto. (2009). Teori Pengolahan Citra Digital. (B.R.W,Penyunt.)Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v10i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dedi Darwis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter