PEMODELAN BISNIS DENGAN IMPLEMENTASI CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL PADA M-BUSINESS STARTUP TERAMPIL

Tristiyanto Tristiyanto, Anie Rose Irawati, Kurnia Muludi, Tantut Wahyu Setyoko

Abstract


Terampil adalah bentuk kontribusi nyata untuk mendukung visi pemerintah Indonesia periode 2019-2024 yaitu menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan mencapai kemajuan Indonesia melalui penyediaan akses keterampilan dan sertifikasi profesional. Kebutuhan pemodelan bisnis yang komprehensif terhadap realisasi solusi tersebut diperlukan agar dapat divisualisasikan, dinilai, dan divalidasi dengan jelas berdasarkan persyaratan calon pengguna spesifik. Pemodelan calon rintisan startup bisnis Terampil perlu dianalisis secara tepat sehingga Terampil dapat dikomersialisasi secara global. Penelitian ini menggunakan pendekatan customer development model atau CDM untuk menganalisis dan menentukan pemodelan bisnis berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh calon pengguna spesifik. Kebutuhan pengguna diperoleh dengan melakukan wawancara langsung, kemudian proses pemodelan bisnis dilakukan dengan Lean Canvas melalui menurunkan rumusan solusi untuk kebutuhan pengguna. Pendekatan ini diimplemetasikan melalui dua tahap, tahapan customer discovery dan tahapan customer creation. Tahapan customer discovery menghasilkan fakta permasalahan calon pengguna yang digunakan untuk membentuk value proporsition. Sedangkan pada tahapan customer creation dilakukan pengumpulan kebutuhan pengguna. Perumusan model bisnis yang dikembangkan kemudian divalidasi melalui penilaian ahli untuk mendapatkan penilaian. Berdasarkan expert judgement diketahui bahwa pemodelan bisnis Terampil telah sesuai dengan kebutuhan calon pengguna spesifik. Namun, pembaharuan fitur serta analisis studi kelayakan yang lebih rinci sangat dibutuhkan untuk melengkapi analisis pengembangan bisnis Terampil ini.


References


antaranews.com, “SDM Unggul Indonesia Maju,” antaranews.com, 2019. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/infografis/1017556/sdm-unggul-indonesia-maju. [Accessed: 11-Sep-2019].

H. Triana and E. Rosmalia, “Pengembangan Kualitas SDM Indonesia dengan Sertifikasi Profesi,” lsp-ipi.org, 2017. [Online]. Available: http://lsp-ipi.org/pengembangan-kualitas-sdm-indonesia-dengan-sertifikasi-profesi. [Accessed: 11-Sep-2019].

M. I. Hapsari, “Pengkajian Program Kursus Dan Pelatihan Terkait Dengan Jenis Keterampilan, Sertifikasi Dan Penempatan Lulusan,” J. Nonform. Educ., vol. 2, no. 1, p. 72, 2016.

Badan Pusat Statistik, Keadaan Tenaga Kerja Di Indonesia Tahun 2019, no. 41. 2019.

Y. Patriella, “Hanya 2,5% Pekerja di Indonesia Punya Sertifikat Profesi,” 2019. [Online]. Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190219/12/890484/hanya-25-pekerja-di-indonesia-punya-sertifikat-profesi.

Bappenas, “Bonus Demografi 2030-2040 Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan,” 2017.

N. D. Wanodyanti, I. Fahmi, and A. Maulana, “Customer Development Model Dalam Bisnis Jasa Pembelajaran Program English as Second Languange (ESL),” J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 95–108, 2019.

S. Blank, “The Path to Epiphany: The Customer Development Model,” in The Four Steps to the Epiphany, K&S Ranch, 2005, pp. 17–28.

I. Husnayain and M. K. Mawardi, “Implementasi Lean Canvas Pada Startup Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Pada Startup Talangin),” J. Adm. Bisnis, vol. 55, no. 2, pp. 30–38, 2018.

R. Rahman and T. Haryati, “Evaluation of Business Model Development through Customer Development Approach ( Case Study of PT Hijup . com ),” Tazkia Islam. Financ. Bus. Rev., vol. 10, pp. 88–107, 2016.

A. Maurya, “Running Lean - A systematic process for iterating your web application from Plan A to a plan that works,” O’Reilly Media, p. 240, 2012.

A. Osterwalder, Y. Pigneur, A. Smith, and T. Movement, Business Model Generation. Canada, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter