PENERAPAN AUGMENTED REALITY (AR) DENGAN KOMBINASI TEKNIK MARKER UNTUK VISUALISASI MODEL RUMAH PADA PERUM PRAMUKA GARDEN RESIDENCE

lilis rusliyawati rusliyawati, Agus Wantoro, Adit Nurmansyah

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat berdampak positif terhadap munculnya alat-teknologi pendukung sistem informasi yang dapat dimanfaatkan dalam banyak aspek kehidupan seperti pendidikan, hiburan, wisata dan perdagangan. Salah satu teknologi yang berkembang adalah Augmented Reality (AR) yang mampu menggabungkan antara dunia nyata dan maya, dan dapat dijadikan alat untuk media promosi yang lebih menarik. Perumahan Pramuka Garden Residence saat ini melayani banyak transaksi penjualan. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, tinjauan pustaka, dan kuisioner. Sumber data/subjek yaitu masyarakat Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang, metode pengujian yang dilakukan yaitu Extrime Programming, Aplikasi Rumah pada perumahan pramuka garden residence menggunakan  metode Alpha dan Beta dengan Augmented Reality yang dijalankan pada Android. Berdasarkan hasil pengujian alpha menggunakan blackbox, dari data tersebut dapat di ketahui bahwa Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Rumah Pada Perumahan Pramuka Garden Residence berjalan dan sesuai dengan fungsionalitas yang ditetapkan termasuk dalam kategori Layak. Sedangkan pada pengujian beta dengan 30 responden memilih “Ya” dari 10 pertanyaan sehingga dikatakan bahwa 100% aplikasi dapat diterima sesuai dengan kebutuhan responden tersebut. Hasil pengujian Alpha dan Beta kualitas Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Rumah Pada Perumahan Pramuka Garden Residence berdasarkan pengolahan data pada pengujian tersebut dinyatakan sangat layak dan diharapkan mampu menjadi media untuk bahan Promosi khususnya masyarakat Bandar Lampung.

 

Kata Kunci : Augmented Reality (AR), Marking, Rumah


References


Amar Ahmad. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya.

Azuma, R., 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence : Teleoperator and Virtual Environments, pp.355 – 385.

Joefrie, YY, Anshori, Y. 2011. Teknologi Augmented Reality. Jurnal Ilmiah (Mektek).

Winardi. 2012. Manajemen Penjualan. Edisi Pertama. Bandung

Siti Murtiningsih. (2005). Analisis Dampak Guncangan Variabel Makro Terhadap Investasi Bisnis Properti Di Indonesia. Departemen Ilmu Ekonomi, IPB.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter