PENERAPAN ALGORITMA A-STAR PADA APLIKASI PENCARIAN LOKASI FOTOGRAFI DI BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID

yusra fernando, Muhammad Ativ Mustaqov, Dyah Ayu Megawaty

Abstract


Seni fotografi terus berkembang seiring berjalannya waktu, perkembangan yang bertambah pesat berdampak pada tingginya minat masyarakat akan dunia seni fotografi. Banyak dari mereka yang menjadikan fotografi sebagai bentuk media kreatifitas atau hobi dan ada dari mereka yang menjikannya sebagai wadah untuk memperoleh pendapatan. Namun tidak sedikit dari fotografer tersebut yang tidak mengetahui beberapa spot atau lokasi foto di Kota Bandar Lampung, yang memiliki nilai estetika jika di padupadankan dengan konsep yang dibawakan. Keterbatasan informasi berupa akses rute atau jalan yang dapat ditempuh menuju lokasi juga menjadi sorotan penting. Dengan adanya hal tersebut, maka upaya dari hal tersebut adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, untuk membuat sebuah aplikasi yang akan membantu masyarakat dalam menemukan lokasi atau spot foto yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai spot atau lokasi foto yang ada di Kota Bandar Lampung, yang dilengkapi dengan penunjuk jalan berupa maps yang telah diberikan algoritma A-Star untuk menentukan rute terdekat menuju lokasi atau spot foto.


References


Daftar Pustaka

J. Clement, 2019, Countries With The Most Instagram Users 2019,

https://www.statista.com/statistics/578364/countries-with-most-instagram-users/, diakses pada tanggal 28 November 2019.

Mohamad. M., Ahmad, I., & Fernando, Y. (2017). Pemetaan Potensi Pariwisata Di Kabupatan Waykanan Menggunakan Algoritma Dijkstra, Vol.3(No.2), 169-178.

Purnama, S., Megawaty, D. A., & Fernando, Y. (2018). Jarak Terdekat Wisata Kuliner Di Kota Bandarlampung. Vol.12(No.1), 28–32.

Anwar, U., Sari, A. P., & Nasution, R. (2017). Perancangan Aplikasi Wisata Kabupaten Lebak Menggunakan Algoritma A * ( A-Star ) Berbasis Android. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK).

Umar, R., & Rance, K. I. (2015). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Lokasi Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Didukung Oleh Fotografi. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT).

M.Z., Halili, Mochamad. (2017). Aplikasi Rekomendasi Spot Area Wisata Berbasis Android dengan Teknik Geotag. Jurnal Informatika, Vol.2(No.1).

A.S., Rossa dan M. Shalahuddin, 2018. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.

DeLone, W.H. and McLean., E.R. (2004). The DeLone and McLean Model Of Information System Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information System, 19(4), 9-30.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter