PENGAMANAN CONTAINER ORCHESTRATION BERBASIS KUBERNETES DI LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (LAPAN)

Arief Indriarto Haris, Rd. Angga Ferianda, Budhi Riyanto, Fajar Iman Nugraha, Januar Abadi

Abstract


Melalui Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berkomitmen untuk membangun program Satu Data di lingkungan LAPAN, program tersebut dinamakan One Space. Teknologi container platform hadir di LAPAN sebagai pembaruan bagi teknologi sebelumnya (monolithic) dan menjadi salah satu solusi untuk mendukung komitmen pembangunan One Space. Salah satu instrumen didalam teknologi container platform adalah container orchestration, dimana perannya adalah melakukan proses otomasi dan pengelolaan container. Container orchestration dirancang untuk memberikan kelebihan dalam proses deployment terhadap suatu sistem informasi terdistribusi, sehingga menjadi lebih cepat, efisien dan tangkas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan pengamanan yang perlu dilakukan pada container orchestration berbasis Kubernetes. Data kualitatif dikumpulkan melalui metode studi literatur, observasi, dan wawancara. Dari hasil pengumpulan data, diperoleh 18 tindakan pengamanan untuk berikutnya akan dinilaikan. Tahap akhir dilakukan proses prioritasi dengan metode MoSCoW melalui sebuah forum group discussion (FGD) bersama dengan para pakar IT dan praktisi IT di lingkungan LAPAN untuk mengetahui tingkat rekomendasi pada masing-masing tindakan pengamanan yang dapat diterapkan di lingkungan LAPAN dengan memperhastikan beberapa parameter. Hasil penelitian ini diperoleh 7 tindakan pengamanan dengan tingkat must have, 10 tindakan pengamanan dengan tingkat should have, dan 1 tindakan pengamanan dengan tingkat could have.


References


B. Burns, B. Grant, D. Oppenheimer, E. Brewer, and J. Wilkes, “Borg, omega, and kubernetes,” Commun. ACM, vol. 59, no. 5, pp. 50–57, 2016.

K. Hightower, B. Burns, and J. Beda, Kubernetes Up & Running. California: O’Reilly Media, 2017.

M. Moilanen and others, “Deploying an application using Docker and Kubernetes,” Oulu University of Applied Sciences, 2018.

S. K. Mohanty, “Evaluation of Serverless Computing Frameworks Based on Kubernetes,” Aalto University, 2018.

M. Souppaya, J. Morello, and K Scarfone, “Application Container Security Guide,” Nvlpubs.Nist.Gov, vol. 1, p. 63, 2017.

S. Newman, Building Microservices. O’Reilly Media, 2017.

G. Munawar and A. Hodijah, “Analisis Model Arsitektur Microservice Pada Sistem Informasi DPLK,” Sink. (Jurnal Penelit. Tek. Inform., vol. 3, 2018.

S. J. Fowler, Production-Ready Microservices. California: O’Reilly Media, 2017.

Y. T. Sumbogo, M. Data, and R. A. Siregar, “Implementasi Failover Dan Autoscaling Kontainer Web Server Nginx Pada Docker Menggunakan Kubernetes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6849–6854, 2018.

A. Zhao, Q. Huang, Y. Huang, L. Zou, Z. Chen, and J. Song, “Research on Resource Prediction Model Based on Kubernetes Container Auto-scaling Technology,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 569, no. 5, 2019.

N. Surantha and F. Ivan, “Secure Kubernetes Networking Design Based on Zero Trust Model: A Case Study of Financial Service Enterprise in Indonesia,” Adv. Intell. Syst. Comput., vol. 994, no. July 2019, pp. 348–361, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arief Indriarto Haris, Rd. Angga Ferianda, Budhi Riyanto, Fajar Iman Nugraha, Januar Abadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter