SISTEM INFORMASI JURNAL ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Rafly Anditya Mukti

Abstract


Pada era modern ini, sebuah perguruan tinggi tentunya diharuskan memiliki iklim riset dan penelitian yang sehat. Salah satu indikator iklim riset yang sehat adalah dengan banyaknya jurnal yang secara berkala menerbitkan artikel-artikel ilmiah. Permasalahan utama dari banyaknya jurnal yang terbit pada perguruan tinggi adalah pengelolaan dan pendataan jurnal yang dilakukan secara manual. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi pengelolaan jurnal yang mampu mengorganisir, menghimpun, dan menyediakan data statistik jurnal.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode Waterfall yang terdiri dari analisa sistem, desain sistem, implementasi sistem, dan pengujian. Sistem ini juga dibangun dengan menggunakan kerangka kerja CodeIgniter dan basis data MySQL, ditambah Microsoft Azure sebagai hosting dan domain sistem.

 Penelitian ini mampu menghasilkan sebuah sistem yang mampu menyimpan, menyortir, dan mencetak data jurnal sekaligus mencatat akreditasi jurnal. Sistem yang dihasilkan sudah melalui pengujian blackbox dimana semua fungsi telah berjalan dengan baik. Sistem ini juga duji performanya dan dinyatakan baik dilihat dari kecepatan respon server dan konektivitas konten dengan web server, dimana dari 27 halaman yang telah diuji, hanya 1 halaman yang mendapat skor C.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter