ANALISIS METODE LOAD BALANCING DALAM MENINGKATKAN KINERJA WEBSITE E-LEARNING

Sampurna Dadi Riskiono, Donaya Pasha

Abstract


Saat ini, dunia  pendidikan berkembang sangat  pesat  hal tersebut ditandai dengan penggunaan teknologi informasi sebagai pendukungnnya.  Penggunaan  teknologi  informasi ini menyebabkan proses  belajar  mengajar menjadi  lebih interaktif dan menarik.  Diawal, penggunaan teknologi informasi hanya sebatas untuk menyampaikan presentasi materi dengan menggunakan Power Point, Adobe  Flash, maupun  aplikasi khusus lain yang  memiliki fungsi  yang  sama.  Namun, seiring dengan tumbuhnya internet, proses belajar mengajar menjadi banyak memanfaatkan aplikasi yang berbasis internet, diantara penggunaan  e-learning. Ketika jumlah pengguna yang mengakses layanan e-learning meningkat dan server tidak dapat mengatasinya, tentu ini akan menjadi masalah. Oleh karenanya  diperlukan   sistem  server  yang dapat menangani banyaknya permintaan layanan yang masuk agar skalbilitas dari server e-learning dapat meningkat. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan peerapan load balancing. Dalam makalah ini, akan dilakukan evaluasi antara penggunaan server tunggal dan server jamak. Hasil pengujian  menunjukkan  implementasi dari load balancing  memiliki  nilai response time  36,4 ms  lebih  kecil  dibandingkan  server tunggal yang memiliki waktu response time 51,1 ms pada uji koneksi 500/10 sec. Alhasil dari pengujian yang dilakukan, penerapan load balancing lebih baik dari segi nilai response time jika dibandingkan dengan server tunggal untuk setiap rentang pengujiannya.

References


N. Angsar, “Pengujian Distribusi Beban Web dengan Algoritma Least Connection dan Weighted Least Connection,” Jnteti, vol. 3, no. 1, pp. 24–28, 2014.

D. Lukitasari, F. Oklilas, F. I. Komputer, and U. Sriwijaya, “Analisis Perbandingan Load Balancing Web Server Tunggal Dengan Web server Cluster Menggunakan Linux Virtual Server,” vol. 5, no. 2, pp. 31–34, 2010.

S. D. Riskiono, S. Sulistyo, and T. B. Adji, “Kinerja Metode Load Balancing dan Fault Tolerance Pada Server Aplikasi Chat,” Pros. Semin. Nas. ReTII, 2017.

C. Kopparapu, “Load Balancing Servers , Firewalls , and Caches Chandra Kopparapu.”

S. Raharjo, “Implementasi Load Balancing Web Server Menggunakan Metode LVS-NAT,” vol. 8, no. 2, 2012.

U. Haluoleo, K. Bumi, and T. Anduonohu, “Peningkatan Kinerja Siakad Menggunakan Metode Load Balancing dan Fault Tolerance Di Jaringan Kampus Universitas Halu Oleo,” vol. 10, no. 1, pp. 11–22, 2016.

H. Chang, “Load Balancing and Fault-Tolerance for Scalable Network File Systems Using by Web Services,” pp. 351–356.

A. Ambarita, “Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Software Moodle Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, 2017.

B. Suteja, U. K. Maranatha, A. Harjoko, and U. G. Mada, “User Interface Design for e-Learning System User Interface Design for e-Learning System,” no. June, 2015.

S. Malik, “Dynamic load balancing in a network of workstations,” Pap. Parallel Process. Course, Carlet. …, no. 219762, 2000.

G. Triono, “Implementasi Load Balancing Dengan Menggunakan Algoritma Round Robin Pada Kasus Pendaftaran Siswa Baru Sekolah Menengah Pertama Labschool Unesa Surabaya,” pp. 169–176, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter